x

Puskesmas Sukorejo Intens Pantau Kesehatan ODGJ Kelurahan Karangsari Kota Blitar

Kota Blitar - Pasca dipindahkan ke hunian baru hasil swadaya masyarakat setempat, UPTD Puskesmas Sukorejo Kota Blitar intens memantau kesehatan ODGJ Kelurahan Karangsari, Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar. 

Kepala UPTD Puskesmas Sukorejo Wisma Yuniar menjelaskan, sebelumnya kondisi kesehatan ODGJ ini rutin diawasi Kader Jiwa lingkungan setempat. Puskesmas juga rutin melakukan kontroling secara terjadwal. Menurutnya saat pindah tempat tinggal, pihaknya juga turut melakukan pemeriksaan kesehatan. Namun Wisma mengaku kesulitan, sebab ODGJ merasa takut saat berada dan diperiksa orang asing. Sehingga pihaknya hanya berhasil melakukan pemeriksaan tensi darah. 

"Yang tersayang ini takut kita periksa, jadi butuh pendekatan ekstra. Kita hanya berhasil memeriksa tensi ya normal, dan kondisi lain juga baik fisiknya," terang Wisma.

Hasilnya tensi ODGJ normal, suhu dan kondisi tubuh juga baik. Meski begitu Wisma masih akan menjalin koordinasi dengan dokter jiwa dari Malang yang rutin sebulan sekali datang ke Pustu Pakunden. Pihaknya juga akan menjadwalkan pemeriksaan bertahap, termasuk kondisi kesehatan organ dalam ODGJ yang sempat satu atap dengan Kandang Kambing ini. Disamping itu, Wisma juga memastikan kebutuhan nutrisi, vitamin dan gizi ODGJ bisa tercukupi.

"Nanti kita akan periksa berkala kita ajak ke Pustu menemui dokter jiwa dari Malang, saat ini kita fokus untuk kebutuhan gizi dan nutrisi, vitaminnya," pungkasnya.

Lebih lanjut Wisma bersama kader gizi, kesehatan konseling Puskesmas juga memberikan biskuit, susu serta makanan tambahan lainnya untuk ODGJ RW 2 RT 1 Kelurahan Karangsari ini. (Fik)

Share icon
Dibaca : 6 kali