x

Program Rumah Layak Huni Tetap Berjalan Mulai Juni 2020

Blitar Kota - Pemerintah Kota Blitar telah menetapkan target 1.200 Rumah Tak Layak Huni (RTLH) tuntas ditahun 2021. Meski sempat terkendala wabah Corona, Pemerintah Kota Blitar melalui Dinas Perumahan Rakyat berupaya agar pelaksanaan program Rumah Layak Huni (RLH) tahun ini tetap berjalan.

Erna Santi-Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kota Blitar mengatakan, sejak tahun 2016 sampai 2019 kemarin, sudah menyelesaikan 794 RTHL. Sisanya sebanyak 406 RTLH akan dikebut sampai tahun depan. Tahun ini ada beberapa anggaran yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK), Dana Bagi Hasil Cukai dan Hasil Tembakau (DBH CHT), dan Dana Alokasi Umum (DAU) dialihkan untuk penanganan wabah Corona. Sehingga 118 unit RTHL yang harusnya diperbaiki tahun ini, terpaksa ditunda.

“Anggaran dikami yang dialihkan untuk penanganan Corona itu mencapai Rp. 7 milliar lebih,” jelas Erna, saat dikonfirmasi tim pemberitaan Mahardhika FM 27 Mei 2020

Namun demikian, penangnan RTLH menjadi RLH diupayakan tetap berjalan, dengan menurunkan target sebanyak 50 unit rebah dan 10 unit pembangunan baru. Saat ini pihaknya masih menyisir RTLH di 21 kelurahan, jika persyarakat administrasi sudah lengkap, pihaknya akan mengajukan ke pimpinan agar SK Walikota segera turun.

“Kami menargetkan Juni 2020 program RLH di Kota Blitar mulai berjalan,” tegas Erna.

Erna menambahkan, program RLH tetap berbasis swadaya masyarakat, mengingat anggaran yang diberikan bersifat stimulant, untuk pembelian material bangunan. (Kir)

Share icon
Dibaca : 24 kali