x

Produksi Sampah Di Kota Blitar Masih Normal

Blitar Kota - Kamis, (06/08/2020) Meski selama masa pandemic Covid-19 sebagian masyarakat banyak di rumah, namun hal tersebut tidak berpengaruh terhadap volume sampah di Kota Blitar. Dinas Lingkungan Hidup mencatat sebelum ada pandemic sampai di era New Normal Covid-19 ini, volume sampah di Kota Blitar terbilang normal.

Suyatno, Kepala Bidang Pengelolaan Persampahan, Dinas Lingkungan Hidup Kota Blitar,  mengatakan, produksi sampai saat ini masih normal, tidak ada peningkatan secara signifikan. Menurut Suyatno , jika ada peningkatan bukan karena produksinya yang meningkat, namun jumlah penduduk yang bertambah. Pihaknya menyebut, produksi sampah di Kota Blitar setiap harinya masih bertahan dikisaran 50 ton.

Disinggung mengenai jumlah sampah yang mendominasi di Kota Blitar, Suyatno menyebut jenis sampah rumah tangga masih yang tertinggi. Apalagi untuk jenis anorganik, seperti popok dan lainnya. Sedangkan untuk sampah masker, menurut Suyatno tidak menjadi kewenangan dinas setempat melainkan gugus tugas penanganan pencegahan Covid-19. Pihaknya hanya menyediakan tempat sampah khusus atau drop box untuk menampung jenis sampah infeksi, seperti makser dan lainnya.

“Drop box yang kita sediakan itu ada 150 buah, itu untuk menampung sampah-sampah infeksi” jelas Suyatno.

Suyatno menghimbau agar masyarakat bisa memilah jenis sampah saat hendak membuang sampah di TPS. Hal ini agar memudahkan petugas saat melakukan pemilahan. (Kir)

 

Share icon
Dibaca : 11 kali