x

PPKM Darurat Diperpanjang, Wali Kota Akan Longgarkan Aturan Jika Kota Blitar Alami Penurunan Kasus

Blitar Kota - Pemerintah Kota Blitar resmi memperpanjang Pemberlakuan Pembatasn Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 22 Tahun 2021. PPKM Darurat Jawa-Bali kini disebut sebagai PPKM Level 4.

Wali Kota Blitar, Santoso menjelaskan, perpanjangan ini bertujuan untuk menekan penyebaran covid-19 di Kota Blitar. PPKM Level 4 ini akan berlangsung sampai 25 Juli 2021 mendatang.

Pada PPKM Level 4 ini, Kota Blitar masih menerapkan aturan yang sama, yaitu perkantoran di sektor non-esensial menerapkan Work From Home (WFH) 100%, sektor esensial 50%, dan sektor kritikal beroperasi 100%. Sekolah juga tetap dilaksanakan secara daring dan kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan, termasuk resepsi pernikahan dilarang untuk sementara.

Santoso memaparkan, jika dalam masa perpanjangan ini Kota Blitar mengalami peningkatan kondisi atau mengalami penurunan kasus, maka Pemkot Blitar akan memberi kelonggaran aturan PPKM Level 4. Seperti lapak, warung makan, kafe, maupun restoran akan diperbolehkan beroperasi hingga  pukul 21.00. Pengunjung juga akan diperbolehkan makan di tempat dengan batas maksimal 30 menit. Namun, kelonggaran ini akan diberlakukan setelah hasil evaluasi PPKM Level 4 keluar.

“Nanti setelah dievaluasi pada tanggal 25 Juli 2021 dan jika hasil evaluasi sesuai harapan kami, maka kita akan melakukan kelonggaran-kelonggaran mulai tanggal 26 Juli 2021,” jelas Santoso saat dikonfirmasi Kamis, (22/07/2021).

Santoso berharap, warga Kota Blitar mampu mengikuti aturan PPKM Level 4 ini dengan tertib agar covid-19 di Kota Blitar dapat diminimalisir. (Fix)

Share icon
Dibaca : 74 kali