x

Pondok Pintar BPS Kota Blitar : Layanan Konsultasi Statistik Bagi Masyarakat

Blitar Kota - Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Blitar terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan data statistic pada masyarakat, yakni melalui Peningkatan Pelayanan Statistik Terpadu (PST). PST menjadi layanan unggulan BPS Kota Blitar, terdiri dari program online dan offline.

Kepala Sub Bagian Umum BPS Kota Blitar, Sartika Ayu Wulandari mengatakan, program PST online terdiri dari berbagai layanan. Diantaranya aplikasi patria start, berbagi data melalui website. Sementara untuk PST offline, adanya mini perpustakaan di BPS, serta Pondok Pintar BPS. Sartika mengatakan, sampai saat ini pihaknya masih mensosialisasikan program Pondok Pintar ini ke berabagai perguruan tinggi di Kota Blitar. Tujuannya untuk membantu mahasiswa dalam mengerjakan skripsi.

Selain itu, Pondok Pintar dharapkan juga mampu mewadahi konsultasi statistik bagi masyarakat Kota Blitar. Masyarakat dibebaskan untuk datang ke BPS Kota Blitar dijam kerja untuk menggunakan layanan Pondok Pintar ini. Namun saat ini Pondok Pintar masih fakum, dikarenakan adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota Blitar.

“Iyakita ada Pelayanan Statistik Terpadu (PST) ada yang online melalui website, aplikasi. Kalau offline salah satunya ya perpus sama pondok pintar. Kita untuk pondok pintar uda sosialisasi ke perguruan tinggi yaa sementara. Kita pengen tahu, apa keluhan mereka sekaligus membuka konsultasi bagi masyarakat juga,” saat dikonfirmasi, Rabu, (20/01/2021)

Pondok Pintar saat ini masih di sosialisasikan di Perguruan-perguruan tinggi. Kedepan, tidak menutup kemungkinan BPS Kota Blitar juga akan menyasar Seolah-sekolah dengan membentuk layanan statistik lainnya. (fik)

Share icon
Dibaca : 19 kali