x

PMI Kota Blitar Pastikan Stok Darah Aman, Meski Golongan AB Sulit di Dapatkan Karena Langka

Blitar Kota - Senin (10/01/2022) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Blitar terus bekerja sama dengan organisasi perangkat daerah (OPD) baik Kota-Kabupaten Blitar untuk membantu ketersediaan stok darah aman. Meski untuk darah golongan AB terbatas karena langkanya pendonor.

Sekretaris PMI Kota Blitar, Eko Hariyanto dikonfirmasi di Ruang kerjanya Senin, (10/1/2022) mengatakan ketersediaan stok darah dimasa Pandemi covid-19 cukup aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di rumah sakit. Namun demikian, Eko mengaku kesulitan mendapat golongan darah AB karena pendonor dengan jenis golongan darah tersebut langka. Menurutnya stok darah AB paling sedikit diantara golongan darah lainnya, yaitu hanya tidak lebih dari 10 kantong perhari. Sementara untuk tingkat kunjungan pendonor, sudah normal sepeti biasanya, yaitu 20 - 30 orang.

“Walaupun saat ini kebutuhan stok darah di PMI Kota Blitar tercukupi, tapi untuk kebutuhan darah golongan AB tidak lebih dari 10 kantong, itu artinya golongan darah tersebut sulit di dapat” jelas Eko.

Sementara itu, total stok darah di PMI Kota Blitar per 10 januari 2022, sebanyak 115 kantong. Rincianya golongan A 40 kantong, B 40 kantong, O 30 kantong dan AB 5 kantong. (Fan)

Share icon
Dibaca : 46 kali