x

Petugas KPPS dan Linmas Kota Blitar Segera Ikuti Rapid Test

Blitar Kota -Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Blitar mulai mempersiapkan teknis dan jadwal rapid test bagi petugas KPPS dan linmas. Langkah ini menjadi salah satu komitmen penyelenggara pemilu untuk mewujudkan Pilwali yang sehat dan aman.

Komisioner KPU Kota Blitar Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM, Rangga Bisma Aditya mengaku sudah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kota Blitar terkait rapid test petugas KPPS dan linmas. Rencananya rapid test dilakukan di salah satu Rumah Sakit Swasta di Kota Blitar. Namun menurut Rangga, berdasarkan saran KPU Provinsi Jawa Timur, agar rapid test dilaksanakan di masing-masing kecamatan.

“Hal ini untuk mencegah kerumunan, mengingat jumlah petugas KPPS sebanyak 1.813 orang dan Limas sebanyak 518 orang,” kata Rangga.

Menanggapi hal tersebut, Hakim Sisworo, Sekretaris Satuan Tugas Covid-19 Kota mengatakan mekanisme rapid tes anggota Linmas dan KPPS akan dilaksanakan dimasing-masing kecamatan secara bergantian. Hakim menegaskan rapid test harus dilakukan sebagai antisipasi dan deteksi dini. Jika nantinya ada anggota yang reaktif, maka satuan tugas bisa bertindak cepat untuk melakukan swab test.

“Hal ini juga sebagai upaya pemerintah daerah, untuk ikut mencegah klaster baru penularan Covid-19,” jelas Rangga.

Hakim mengatakan, rapid test anggota Linmas dan KPPS Pilwali Kota Blitar akan dilakukan selama dua hari. Rencananya akan mulai dilaksanakan tanggal 28-29 November 2020. (Kir)

Share icon
Dibaca : 22 kali