x

Percepat Pemerataan Vaksinasi, Polkesma Kampus III Turut Layani Vaksinasi Covid-19 di Kota Blitar

Blitar Kota - Dalam rangka mendukung percepatan vaksinasi Covid-19 di Kota Blitar, Politeknik Kesehatan Malang (Polkesma) Kampus III di Jl. dr. Soetomo, Kota Blitar memberikan layanan vaksinasi, Selasa (03/08/2021). Vaksinasi Covid-19 dosis I ini menyasar 185 warga Kecamatan Sananwetan.

Kepala Program Studi (Kaprodi) Polkesma, Sri Mugiyanti mengatakan, kegiatan vaksinasi ini merupakan bagian dari peran serta Polkesma dalam mempercepat vaksinasi di Kota Blitar. Empat tenaga vaksinator yang diterjunkan, memiliki sertifikat dan berpengalaman dalam tim vaksinator nasional. Didukung dua tenaga laborat serta beberapa tenaga perawat. Dalam pelaksanaanya, Polkesma juga menyediakan ruang Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI), untuk perawatan dan pemeriksaan lanjutan jika peserta vaksinasi mengalami efek atau gejala setelah penyuntikan vaksin Covid-19.

“ Memang sudah menjadi komitmen kami, karena kami juga pendidikan tinggi di bawah Kementrian Kesehatan,” ujar Sri Mugiyanti

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengemdalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kota Blitar, Didik Jumianto mengatakan, tenaga dari Polkesma ini merupakan tim vaksinasi baru di Kota Blitar. Nantinya mereka akan ikut membantu percepatan vaksinasi Covid-19, sebab tanaga kesehatan di Kota Blitar juga terbatas. Sasaran peserta vaksinasi Polkesma merupakan warga Kota Blitar dari kelompok masyarakat atau perusahaan yang mengajukan vaksinasi ke Dinas Kesehatan sejak Juni lalu.

“ Berkaitan dengan sasaran, kita sudah sejak lama ada permintaan dari berbagai masyarakat dan kalangan. Dan Kesempatan Vaksinasi di Polkesma ini kita tawarkan kepada mereka, jadi kita tidak membuka pendaftaran secara online,” terang Didik.

Didik menambahkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kota Blitar tetap menyesuaikan dengan ketersediaan stok yang ada. Sehingga tidak dapat dipastikan setiap hari, layanan vaksinasi selalu tersedia. 

 

 

Share icon
Dibaca : 78 kali