x

Pemulangan Santri Kota Blitar Dipastikan Selesai Sebelum 6 Mei 2021

Blitar Kota - Satgas Covid-19 Kota Blitar tengah konsen melakukan pengamanan sekaligus penanggulangan Covid-19, terlebih menjelang lebaran 1442 H. Fokus penanganan telah dilakukan sejak H-14 sampai H+7 lebaran nanti. Tidak hanya melakukan antisipasi mudik, Satgas Covid-19 juga memastikan kepulangan santri di Kota Blitar berjalan kondusif. Demikian disampaikan Sekretaris Satgas Covid-19, Hakim Sisworo sekaligus Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Penanggulangan Bencana Daerah (Bakesbangpol dan PBD) Kota Blitar Sabtu, (01/05/2021).

Hakim menjelaskan, sesuai dengan aturan dari pemerintah, pemulangan seluruh santri Kota Blitar ke rumah masing - masing harus dilakukan sebelum tanggal 6 Mei 2021. Sata ini Hakim telah berkoodinasi dengan pengurus Pondok Pesantren dan Kementrian Agama (Kemenag) Kota Blitar. Hakim menegaskan pemulangan para santri sudah mulai dilakukan akhir April lalu dan ditargetkan rampung sebelum tanggal 6 Mei 2021 nanti. Dalam proses pemulangannya, santri dijemput keluarga dengan menerapkan protokol kesehatan. Setiap Pondok Pesantren juga wajib mengatur agar tidak terjadi kerumunan saat proses penjemputan. Hakim menambahkan, hingga kini Satgas dan pihak terkait terus melakukan pemantauan ke seluruh Pondok Pesantren yang ada di Kota Blitar.

“Kalo santri yang datang ke Blitar udah pulang sejak sebelum awal Ramadhan lalu, kalau yang santri Blitar dipulangkan ke rumahnya udah mulai April sampai maksimal 6 Mei nanti,” kata Hakim

Sementara itu, Sekretaris Pondok Lirboyo IV Cabang Santren Kota Blitar, Abdul Majid saat dikonfirmasi menjelaskan, sebanyak 30 santri asal Blitar raya dipulangkan pada 1 Mei 2021. Pemulangan santri ini dilakukan sesuai jadwal yang ditentukan. Setiap santri wajib dijemput orang tua yang datang sesuai waktu yang ditentukan untuk menghindari kerumunan. Sementara untuk 12 pengurus pondok, Abdul Majid menyebut dijadwalkan akan pulang pada 2 Mei 2021.

“Hari ini kita pulangkan 30 santri yaa, karena kemarin sudah libur. Dan ini wajib dijemput oleh keluarga. Keluarga datang dengan jadwal yang telah ditentukan untuk menghindari kerumunan. Sedangkan untuk pengurus 12 orang dijadwakan 2 Mei pulangnya,” kata Abdul

Untuk diketahui sobat, sesuai dengan aturan, pemulangan santri Kota Blitar yang berada di luar Kota telah dilakukan sebelum awal Ramadhan.(fik)

Share icon
Dibaca : 10 kali