x

Pemkot Blitar Kota Siapkan Anggaran Untuk APD KPPS dan Linmas Saat Pilwali

Blitar Kota - Kamis, (17/09/2020) Anggaran yang disiapkan Pemerintah Kota Blitar sebesar Rp. 3 milliar, untuk pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan anggota Linmas yang bertugas saat pemungutan suara Pilwali pada 09 Desember 2020.

Hakim Sisworo, Kepala Bakesbangpol dan Penanggulangan Bencana Daerah (PBD) Kota Blitar mengatakan, kebutuhan APD saat pelaksanaan Pilwali Kota Blitar 2020 memang cukup tinggi, oleh karena itu Pemerintah Kota Blitar mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 3 Miliar untuk mendukung protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Hal itu dilakukan karena hingga kini, anggaran pengadaan APD dari Pusat ke KPU Kota Blitar belum ada kejelasan. Sementara pelaksanaan tahapan Pilwali 2020 terus bergulir.

Hakim menegaskan anggaran Rp. 3 Milliar itu berada di dua OPD, yaitu Bakesbangpol PBD dan Satpol PP. Anggaran yang disiapkan di Bakesbangpol dan PBD sekitar Rp. 1,6 miliar untuk pengadaan APD KPPS. Sedangkan Rp. 1,3 Miliar berada di Satpol PP untuk anggota Linmas.

“Anggaran itu sudah disetujui di Perubahan APBD 2020,” tegas Hakim. 

Sementara itu, sesuai PKPU No. 06 Tahun 2020 menyatakan agar seluruh tahapan Pilwali 2020 dilaksanakan dengan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat. Bertujuan untuk mencegah munculnya klaster baru saat Pilwali. (Kir)

 

Share icon
Dibaca : 21 kali