x

Pelatihan Membuat Bros, Wadah Tingkatkan Ketrampilan Disabilitas

Blitar Kota - Dinas Sosial Kota Blitar kembali mengadakan pelatihan bagi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di Kota Blitar. Kali ini dengan pelatihan membuat bros, kegiatan berlangsung di salah satu kediaman Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) di Kelurahan Tanggung Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar, Kamis (22/04/2021)

Sulaksono, Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Kota Blitar saat dikonfirmasi menjelaskan, pelatihan bagi PMKS termasuk diantaranya disabilitas ini, rutin dilakukan setiap tahun. Tujuannya untuk memberikan ketrampilan agar mereka mandiri. Pelatihan dimulai sejak tanggal 21 April sampai 24 April 2021. Sebanyak 80 peserta mengikuti pelatihan didampingi kader jiwa dimasing-masing kelurahan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Dalam sehari, sebanyak 40 orang dibagi dua shift pagi dan siang melakukan pelatihan ini.

Sulaksono menjelaskan, untuk dua hari pertama pelatihan membuat bros, dan dua hari berikutnya membuat bunga hias. Tidak hanya diberikan kepada peserta, hasil dari pelatihan ini juga akan diletakkan di Display Kantor Dinas Sosial yang selanjutnya dipasarkan. Bahkan Sulaksono menambahkan, dari hasil pelatihan ini jika ditemukan peserta yang berprestasi dan berbakat, maka pihaknya akan mengirimkan ke Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur untuk diberikan pelatihan lanjutan. Sulaksono berharap, dengan adanya pelatihan ini kedepan penyandang disabilitas di Kota Blitar mandiri, tidak bergantung kepada keluarga.

“Kita melakukan pelatihan ini rutin yaa ini tahun kedua, kalau ada yang berprestasi dan berbakat. Kita akan kirimkan ke Dinsos Jatim di Pasuruan untuk mendapatkan pelatihan lanjutan. Kalau saat ini pelatihannya membuat bros, dan selama dua hari lagi nanti membuat bunga hias,” kata Sulaksono

Untuk diketahui, pelatihan ini bagian dari pengembangan pelayanan Dinas Sosial bagi penyandang disabilitas. Sebelumnya Dinas Sosial Kota Blitar juga telah memfaisilitasi alat bantu kemandirian bagi disabilitas di Kota Blitar. (fik)

Share icon
Dibaca : 11 kali