x

Meski Tidak Beroperasi, Pemeliharaan Bus Sekolah Kota Blitar Tetap Berjalan

Blitar Kota - Kamis, (17/09/2020) Bus sekolah milik Pemerintah Kota Blitar hingga kini belum beroperasi, karena kebijakan belajar dari rumah masih berlaku ditengah pandemi Covid-19. Namun demikian, pemeliharaan dan perawatan armada sekolah itu tetap berjalan.

Asrofi Romli, Kepala Bidang Angkutan Jalan dan Terminal, Dinas Perhubungan Kota Blitar mengatakan, perawatan bus sekolah tetap dilakukan setiap hari, dengan memanasi mesin lalu dikendarai berkeliling kantor dinas. Perawatan mesin dilakukan untuk mengantisipasi, jika bus dibutuhkan sewaktu-waktu. Selain itu, anggaran pemeliharaan bus sekolah juga terus berjalan. Yang mana, anggaran pemeliharaan selama satu tahun disiapkan sebesar Rp. 216 juta. Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan BBM anggaran yang disiapkan sebesar Rp. 229 juta.

Asrofi menegaskan, sejak pandemi Covid-19, fungsi bus sekolah sebagai armada antar jemput pelajar berhenti. Namum, bus sekolah milik Pemkot Blitar ini sempat difungsikan menjadi angkutan bagi masyarakat yang akan menjalani massa karantina di rumah karantina Covid-19 di Jl. Sumba. Namun setelah rumah karantina dihentikan, operasional bus sekolah pun ikut berhenti.

“Saat ini memang tidak digunakan lagi, karena sekolah juga masih lewat daring jadi tidak beroperasi bus sekolahnya. Tetapi dulu bus sekolah ini juga sempat digunakan untuk ngangkut pemudik dari terminal atau stasiun ke rumah karantina, kurang lebih selama dua bulan di awal - awal masa pandemi,” kata Asrofi.

Sementara itu, ada sekitar 8 armada bus sekolah yang saat ini dikelola Dinas Perhubungam Kota Blitar. Sedangkan, jumlah personil yang bertanggung jawab dalam melakukan perawatan dan operasional sebanyak 21 orang. (Kir)

 

Share icon
Dibaca : 20 kali