x

Maksimalkan Kelembagaan Posyandu, Pemerintah Kota Kembali Aktifkan Pokjanal Posyandu

Blitar Kota - (23/10/2021) Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal) Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Kota Blitar kembali aktif. Diawali dengan kegiatan Rembug Pokjanal yang diinisiasi Bagian Tata Pemerintah-Setda Kota Blitar, Jumat 22 Oktober 2021 di salah satu tempat makan di Kelurahan Tanjungsari.

Parminto, Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kota Blitar dikonfirmasi by phone menjelaskan Pokjanal Posyandu sudah terbentuk di Kota Blitar sejak 2019. Namun belum berjalan maksimal karena beberapa faktor. Padahal ditingkat kecamatan dan kelurahan, posyandu sudah berjalan dengan baik. Oleh sebab itu, keberadaannya harus didukung oleh Pokjanal yang terdiri dari sejumlah OPD, Camat dan Tim Penggerak PKK. Dalam rembug ini, Parminto mensosialisasikan fungsi Pokjanal diantaranya penyalur aspirasi masyarakat dalam pengembangan Posyandu, pelaksana kebijakan Pemerintah dalam pembinaan Posyandu, dan lain-lain. Pokjanal juga bertugas menyampaikan informasi tentang perkembangan dan pengelolaan posyandu.

“ Kita sudah memiliki Pokjanal sejak 2019, namun karena banyak belum aktif, dan sekarang kita mulai lagi,” terang Parminto.

Sementara itu, Dharma Setiawan-Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Blitar menambahkan selama ini banyak masyarakat yang mengira Posyandu berada dibawah naungan Dinas Kesehatan saja. Padahal pembinaannya bisa dilakukan lintas sektoral. Untuk itu, pihaknya berharap aktifnya Pokjanal di Kota Blitar bisa memperkuat kelembagaan, peran dan fungsi posyandu. Sehingga bisa mendukung penurunan angka kematian ibu, kematian bayi dan indikator konvergensi stunting.

“ Dengan di aktifkannya Pokjanal di Kota Blitar ini, semoga bisa menurunkan indicator Kasus Kematian Ibu, Kematian Bayi dan Konvergensi Stunting,” imbuh Dharma. Sur

Share icon
Dibaca : 14 kali