x

Kunjungi Kota Blitar, Kemensos RI Akan Bantu Perbaikan Sarpras Makam Bung Karno

Blitar Kota - Jajaran Mentri RI, secara bergiliran datang ke Kota Blitar. Setelah Mendikbud, kini Mentri Sosial-Tri Rismaharini juga berkunjung ke Kota Blitar, Sabtu (23/ 09/ 2021). Setibanya di Kota Proklamator, Mentri Sosial bersama rombongan langsung menuju ke Makam Bung Karno (MBK) didampingi, Wali Kota dan Sekretaris Daerah Kota Blitar.

Risma mengatakan jelang peringatan hari Pahlawan, pihaknya memantau sejumlah makam pahlawan. Dalam kunjungan di Kota Blitar, Risma menilai perlu adanya peningkatan pemeliharaan sarana prasarana (sarpras) di Makam Bung Karno (MBK). Diantaranya perlu adanya pemasangan beberapa lampu, penambahan taman, serta peremajaan sarana lainnya. Menurut Wisma, Makam Pahlawan Kemerdekaan perlu dirawat sebaik mungkin. Sehingga nilai sejarah tetap lestari dan bisa jadi wawasan bagi masyarakat.

"Kemensos juga menangani soal kepahlawanan. Kami juga pantau Makam Pahlawan di luar jakarta. Kami sudah melakukan penataan Makam Pahlawan Kalibata, pembersihan Makam Bung Hatta di Tanah Kusir, Jakarta. Sekarang kami melakukan pembersihan di Makam Bung Karno. Makam Cut Nyak Dien juga sudah kami pantau dan akan kami tangani," kata Risma.

Risma mengaku akan berkoordinasi intens dengan Wali Kota, sebab Kemensos akan membantu operasional perbaikan atau peremajaan MBK. Hal ini dilakukan karena sejak tahun 1979, MBK belum mengalami perbaikan.

"Saya sudah koordinasikan dengan Pak Wali Kota Blitar, kami (Kemensos) akan membantu operasional di Makam Bung Karno agar pemerintah daerah tidak berat," jelas Risma.

Sesuai pantauan reporter, Risma bersama rombongan juga melakukan kerja bakti di area MBK, dari area pelataran, gapura masuk hingga pusaran makam. Rencananya, Risma berada di Kota Blitar sampai beberapa hari kedepan. (fik)

Share icon
Dibaca : 13 kali