x

Kota Blitar Raih Sakip Predikat BB Dan Reformasi Birokrasi Predikat B

Blitar Kota - Pemerintah Kota Blitar berhasil membukukan sebagai salah satu dari 56 Kabupaten/ Kota se Indonesia yang mencapai predikat BB untuk SAKIP dan predikat B untuk Reformasi Birokrasi. SAKIP sendiri adalah Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, merupakan integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran, dan sistem pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan.

Penghargaan Predikat BB untuk SAKIP dan Pedikat B untuk Reformasi Birokrasi tersebut, diterima Pemkot Blitar dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) secara virtual dalam SAKIP RB AWARD 2020, Kamis (22/4/2021) di Ruang Integrated System Center (ISC) Pro Rakyat Dinas Kominfo dan Statistik Kota Blitar.

Terlihat hadir menerima penghargaan secara virtual Penjabat (Pj.) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Blitar Sjaichul Ghulam didampingi Asisten I Setda Kota Blitar Hermansyah Permadi dan Plt. Asisten II Setda Kota Blitar Priyo Istanto, serta beberapa pejabat Eselon II dan III di lingkungan Pemerintah Kota Blitar. 

“Penilaian terhadap SAKIP mencerminkan tingkat akuntabilitas instansi pemerintah dalam mempertanggungjawabkan hasil atau manfaat dari seluruh penggunaan anggaran daerah secara efektif, efisien dan ekonomis,” terang Sjaichul Ghulam.

Lebih lanjut Sjaichul Ghulam menerangkan, SAKIP menjadi tolok ukur kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemkot Blitar. Meski kinerja tahun 2020 berhasil meraih predikat BB, ia berharap predikat tersebut bisa meningkat. Apalagi predikat BB tersebut telah diraih Pemkot Blitar dalam tiga tahun berturut – turut. 

SAKIP predikat BB, artinya nilai yang berhasil dibukukan oleh Pemkot Blitar ada dalam rentang nilai 70 – 80. Penilaiannya mencakup perencaan, pelaporan, pengukuran kinerja, dan monitoring evaluasi. Sedangkan untuk Reformasi Birokrasi berpredikat B berarti memperoleh nilai dalam rentang 60 – 70. Penilaiannya meliputi akuntabilitas, tata laksana, pelayanan publik, kelembagaan, kepegawaian, dan pengawasan.* (fan)

Share icon
Dibaca : 21 kali