x

Kecamatan Kepanjenkidul Bentuk Paguyuban Bank Sampah

Blitar Kota - Pembentukan paguyuban  yang melibatkan 18 bank sampah dari masing-masing kelurahan di Kecamatan Kepanjenkidul telah digelar, di Aula Kecamatan Kepanjenkidul, Rabu (30/11/ 2019).

Parminto, Camat Kepanjenkidul mengatakan, paguyuban bank dibentuk untuk memudahkan koordinasi antar pengurus bank sampah dengan lintas dinas, baik pihak kecamatan dan dinas lingkungan hidup Kota Blitar. Hal ini nantinya,akan berdampak pada meningkatkanya keaktifan bank sampah di Kecamatan Kepanjenkidul. Parminto menyebut, saat ini ada 18 bank sampah diwilayahnya. Namun belum merata, karena ada yang satu kelurahan memiliki 4 bank sampah, namun ada beberapa yang hanya memiliki 1 bank sampah.  Misalnya kelurahan Kepanjenlor, Ngadirejo, dan Sentul.

Parminto menargetkan setiap kelurahan di Kepanjenkidul minimal memiliki 2 bank sampah. Agar kemudian bisa diusulkan menjadi kelurahan berseri. Saat ini dari total 7 kelurahan di wilayahnya, 3 diantaranya belum menyadang predikat kelurahan berseri.     

“Kelurahan berseri itu kan harus memiliki minimal 2 bank sampah di dua RW. Nah kita secara jumlah sebenarnya sudah memenuhi, tapi kan belum merata, ada yang 4 ada yang satu. Nah ini yang kita upayakan, supaya bank sampah minimal dimasing-masing kelurahan itu ada 2. Ini berkaitan dengan membiasakan masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang bersih, bisa mendaur ulang dan memberikan nilai manfaat,” jelas Parminto.

Untuk mendukung keberadaan bank sampah, Parminto mengaku, telah mengirim surat edaran ke seluruh kelurahan agar sampah kegiatan seperti botol plastic dan kardus, dikirim ke bank sampah masing-masing wilayah. (Kir)

Share icon
Dibaca : 9 kali