x

Hingga Awal Mei 2021, Puluhan SD Negeri di Kota Blitar Masih Kekurangan Siswa.

Blitar Kota - Berdasarkan data Dinas Pendidikan Kota Blitar, dari total 48 SD Negeri di Kota Blitar, hanya 16 lembaga yang berhasil memenuhi pagu kebutuhan siswa pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2021.

Didit Rahman Hidayat-Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan Kota Blitar, dikonfirmasi Sabtu 01 Mei 2021 mengatakan total ada 32 lembaga yang mengalami kekurangan siswa. Rinciannya 18 lembaga mengalami kekurangan dibawah 10 siswa, dan sisanya mengalami kekurangan diatas 10 siswa. Kekurangan ini terjadi hampir merata di 3 Kecamatan. Didit memprediksi kekurangan ini terjadi karena ada sebagian siswa yang mendaftar di lembaga swasta. Namun berdasarkan hitungan potensi siswa TK ke SD, jumlahnya memang menurun.

Di Sukorejo itu ada SD Sukorejo 2, di Sananwetan itu salah satunya di SD Plosokerep 1, kalau di Kepanjenkidul itu ada Ngadirejo. Didit menegaskan, bagi lembaga yang kekurangan siswa diberikan kesempatan untuk membuka pendaftaran hingga tahun ajaran baru. Teknisnya siswa datang langsung ke sekolah tujuan. Jika sampai batas waktu tetap kurang, lembaga tetap bisa melakukan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

Sesuai aturan pusat tetap bisa melaksanakan KBM. Yang tidak bisa itu kalau rombelnya 2 turun jadi 1 rombel. Diberitakan sebelumnya Sobat, PPDB tingkat SD di Kota Blitar Maret 2021. Untuk jalur Afirmasi dan Pindah Tugas Orangtua (PTO) dimulai tanggal 22-26 Maret, sedangkan jalur zonasi dimulai tanggal 29 Maret sampai 09 April 2021. (Kir)

Share icon
Dibaca : 7 kali