x

Gertak Gugah DBD, Pemkot Blitar Ajak Kampung Bebas Jentik Optimalkan Upaya 3M Plus

Kota Blitar - Pemerintah Kota Blitar melakukan gerakan serentak (Gertak) gugah Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kampung Mint Blitar (KMB), Kelurahan Pakunden, Selasa (22/11/2022). Selain untuk menguatkan peran kampung bebas jentik, kegiatan ini juga menjadi dorongan bagi masyarakat agar mengoptimalkan upaya 3M Plus.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Blitar, Dharma Setiawan mengatakan Gertak Gugah DBD bertujuan untuk menguatkan kampung bebas jentik, khususnya di KMB agar masyarakat terhindar dari serangan penyakit DBD. Dharma menilai kampung bebas jentik di RW 02 Kelurahan Pakunden selama ini telah melakukan upaya 3M Plus dengan baik. Tidak hanya menguras, menutup, mendaur ulang bahan bekas dan menaburkan bubuk larvasida saja. Namun, kampung bebas jentik di wilayah tersebut juga memanfaatkan tanaman mint untuk mengusir nyamuk aedes aegypti. Dharma meminta agar 12 kampung bebas jentik yang terbentuk di Kota Blitar terus mengoptimalkan 3M Plus dengan berbagai upaya.

"Alhamdulillah, hari ini kita bersama sama mengajak masyarakat di lingkungan RW.02 Kelurahan Pakunden tepatnya KMB untuk gertak gugah DBD," jelas Dharma.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Blitar, Priyo Suhartono mendukung penuh gerakan yang diinisiasi Dinkes Kota Blitar. Pihaknya mengajak masyarakat menggelorakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) melalui 3M Plus. Seluruh kampung bebas jentik diminta melakukan beberapa inovasi dan pembaruan dalam memberantas sarang nyamuk. Pihaknya mencontohkan masing-masing kampung bebas jentik dapat melakukan beberapa trobosan seperti 5M, maupun 6M.

"Kami meminta masyarakat dapat meningkatkan pencegahan. Tidak hanya mengacu 3M saja, bisa tindakan 5M maupun 6M," kata Priyo. (Fan)

Share icon
Dibaca : 8 kali