x

Gelar Karya Bhakti Ramadhan, Pramuka Kota Blitar Bersihkan Masjid dan Mushola

Blitar Kota - Gerakan Pramuka (GP) Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Blitar mengadakan Karya Bhakti Ramadhan untuk membantu membersihkan Masjid dan Mushalla di Kota Blitar. Kegiatan berlangsung selama dua hari, 29 dan 30 April 2021.

Waka Humas Abdimas dan Bela Negara, GP Kwarcab Kota Blitar, Mujianto menjelaskan, Karya Bhakti Ramadhan ini menjadi agenda rutin setiap bulan suci Ramadhan. Sebanyak 11 titik Masjid dan Mushola menjadi sasaran dari 50 anggota Penegak dan Pandega. Rinciannya, 3 titik di Kecamatan Sananwetan yaitu Masjid Baitussolihin Kelurahan Klampok, serta Masjid Al-Mashur dan Langgar Gantung Kelurahan Plosokerep. 4 titik di Kecamatan Kepanjenkidul, yaitu Mushola DarunNidom dan Al At-tifan Kelurahan Bendo, Mushola Al-Huda Kelurahan Kauman, dan Mushola Al-Amin Jl. Kacapiring. Sedangkan Kecamatan Sukorejo terdapat 4 titik lokasi, diantaranya Mushola Fathurrahman dan Miftahul Jannah Kelurahan Pakunden, Masjid Al-Ikhlas dan Masjid Al-Islah Jl. Asahan.

Mujianto mengatakan 11 titik yang ditunjuk ini merupakan hasil dari koordinasi dengan Dewan Kerja Ranting, dan belum menjadi sasaran Karya Bhakti Ramadhan tahun lalu. Setiap titik terdapat 10 anggota yang melakukan pembersihan lokasi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Mujianto berharap, dengan adanya kegiatan ini dapat membantu masyarakat dalam menyiapkan Masjid dan Mushola untuk pelaksanaan ibadah Ramadhan dan Jelang Shalat Idul Fitri 1442 H.

“Pelaksanaan dilakukan dua hari yaa, kita menyasar ke lokasi yang tahun kemarin belum dilakukan pembersihan, termasuk salah sau masjid yang akan dilakukan sebagai tempat Shalat Id. Terus kita gerakkan 50 anggota dari Penegak dan Pandega,” saat dikonfirmasi Sabtu, 1 May 2021

Tidak hanya membersihkan Masjid dan Mushola, bekerja sama dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Penanggulangan Bencana (Bakesbangpol dan PBD), Pramuka Kota Blitar juga melakukan penyemprotan desinfectan serta memberikan bantuan dana hibah dan alat kebersihan ditiap-tiap Masjid dan Mushola.(fik)

Share icon
Dibaca : 7 kali