x

DP3AP2KB Kota Blitar Launching Pendataan Keluarga Tahun 2021 

Blitar Kota - Dinas Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) melaunching Pendataan Keluarga tahun 2021. Kegiatan ini berlangsung Kamis 01 April 2021, di Balai Kota Kusumo Wicitro.

Kepala DP3AP2KB Kota Blitar, Sulistiani mengatakan, pelaksanaan rakerda dan launching pendataan keluarga, secara kebetulan bersamaan dengan peringatan Hari Jadi ke 115 Kota Blitar. Sebab, pendataan keluarga secara nasional dimulai tanggal 01 April sampai 31 Mei 2021. Sulistiani menjelaskan pendataan keluarga ini merupakan program Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), yang bertujuan untuk mengumpulkan data keluarga terkait dengan kependudukan, data Keluarga Berencana dan data tentang pembangunan keluarga. Launching ini juga dirangkai dengan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) tahun 2021.

“Rakerda ini untuk mengumpulkan semua saran dari perwakilan persit, bayangkari, atau kader pendataan agar program kerja Keluarga Berencana ini bisa tercapai. Kalau untuk pendataan keluarga, mulai hari ini (01 April 2021) sudah mulai jalan,” jelas Sulistiani.

Sementara itu, Santoso-Wali Kota Blitar mengatakan pendataan ini sangat penting karena untuk memotret bagaimana kondisi keluarga yang ada di Kota Blitar. Hal ini berkaitan dengan upaya Pemerintah dalam mewujudkan keluarga yang berkualitas. Untuk itu, sebagai bentuk dukungan, Santoso mengaku bersama keluarga menjadi yang pertama kali didata oleh dinas setempat. Dengan harapan bisa memacu kesediaan masyarakat untuk ikut andil mensukseskan Pendataan Keluarga 2021.

“Kami minta dukungannya dari masyarakat supaya terbuka ketika didatangi kader pendata. Pak Camat dan Pak Lurah juga harus mendukung, barangkali masih ada masyarakat yang belum tahu,” kata Santoso.

Sementara itu, dalam kegiatan ini turut hadir Ketua Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Teguh Santoso, Perwakilan Banyangkhari, Persit KCK Kondim 0808, dan kader pendataan se-Kota Blitar. (Kir)

Share icon
Dibaca : 23 kali