x

Disparbud Jawa Timur Gelar Wayang Kulit di Gedung Kesenian Aryo Blitar Kota Blitar

Blitar Kota - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disparbud) Provinsi Jawa Timur bekerjasama dengan Pemerintah Kota Blitar menggelar Seni Pertunjukan Wayang Kulit di Gedung Kesenian Aryo Blitar, Rabu (24/11/2021). Menampilkan dalang Ki Rudi Gareng dan bintang tamu Lusi Brahman serta Jo klothik-Jo Kluthuk, dengan lakon Begawan Ciptaning.

Kepala Disparbud Provinsi Jawa Timur - Sinarto dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini menjadi sarana penguatan keberadaan seniman dan simulasi pelaksanaan prokes Covid-19 pada pagelaran kesenian. Apalagi Kota Blitar menjadi satu-satunya daerah di Jawa Timur yang ditunjuk menerapkan uji coba New Normal.

Sinarto menyampaikan, selain Kota Blitar pagelaran kesenian juga digelar di beberapa daerah lainnya. Seperti Sendra Tari dan Jaranan yang sudah disimulasikan di Kediri, serta pagelaran Ludruk yang disimulasikan di kediaman Pelawak Kirun, Kota Madiun.

“Yang terepenting dalam kegiatan ini adalah didalam keprihatinan. Sebetulnya di Provinsi Jawa Timur, Ibu gubernur ingin ada penguatan keberadaan para seniman,” terang Sinarto

Sementara itu, kepala Seksi Seni dan Budaya, Disparbud Kota Blitar - Tatag Trijono mengatakan pagelaran seni ini menjadi kebanggan tersendiri bagi warga Kota Blitar. Sebab pagelaran wayangan ini biasanya dilaksanakan di depan Pendopo Cak Durasim Surabaya setiap akhir tahun. Untuk itu, pihaknya berharap kegiatan ini menjadi motivasi seniman di Kota Blitar, tetap berkarya meski pandemi belum usai.

“Pegelaran biasanya didepan Pendopo Cak Durasim, karena Kota Blitar level satu dan menjadi percontohan Nasional ahkirnya digelar di Kota Blita,” jelas Tatag.

Pagelaran Wayang Kulit di Gedung Kesenian Kota Blitar ini dilaksanakan secara hybrid. Selain ditayangkan di channel youtube Disparbud Kota Blitar namun juga disaksikan secara lansung oleh sejumlah tamu undangan, diantaranya dari Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Blitar. (Sur)

Share icon
Dibaca : 17 kali