x

Dinkes : Tidak Miliki Ijin BPOM, Hati-Hati Beli Produk Kecantikan

Dinas Kesehatan Kota Blitar meminta masyarakat agar lebih berhati-hati dengan produk kosmetik yang dijual secara online. Indikasinya mengandung zat berbahaya, karena produknya tidak mengantongi izin BPOM.

Suprayogi, Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Blitar mengatakan, produk kecantikan seperti kosmetik atau suplemen yang dijual secara online perlu dicermati karena dapat berbahaya. Apalagi jika tidak ada izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Hal ini karena kosmetik itu dipastikan mengandung zat kimia berbahaya bagi kesehatan. Salah satu diantaranya seperti Merkuri dan bahan pewarna yang berbahaya digunakan untuk kulit.

Untuk itulah pihaknya berharap agar masyarakat Indonesia khususnya Kota Blitar mampu memilih produk kecantikan yang dijual secara online dengan tepat. Namun akan lebih baik lagi, jika masyarakat ingin membeli produk kecantikan untuk perawatan kulit agar konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Hal ini mengingat produk kecantikan jika tidak mendapat izin edar dari BPOM diduga mengandung zat kimia yang berbahaya untuk kesehatan.
Lebih lanjut Yogi menambahkan, bagi masyarakat yang berkeinginan membeli produk kecantikan secara online agar kembali mengecek di website BPOM. Sementara itu, berdasarkan pantauan di daerah Kota Blitar juga ada yang menjual produk kecantikan secara online dengan harga mulai dari 25 ribu rupiah sampai 300 ribu rupiah. Produk itu diketahui merupakan produk yang diimpor dari Thailand dan Cina. Namun tidak ada izin dari BPOM dan diperjual belikan melalui akun jejaring sosial atau melalui website. (ram)
Share icon
Dibaca : 356 kali