x

Dinkes Kota Blitar Gencar Lakukan Pelayanan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Blitar Kota - Pemeriksaan kesehatan gratis bertujuan untuk mendeteksi penyakit menular dan tidak menular yang dialami masyarakat Kota Blitar. Demikian disampaikan Muhammad Muchlis, Kepala Dinas Kesehatan Kota Blitar, saat dikonfirmasi di Kantor Walikota Blitar, Rabu, (11/03/2020).

Muchlis mengatakan, sudah sering memberikan layanan pemeriksaan kesehatan gratis untuk masyarakat. Tim Dinas Kesehatan dari bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit akan mengunjungi tempat publik atau memanfaatkan agenda Kota Blitar yang melibatkan masyarakat luas. Yang terbaru, dinas setempat mencoba terjun ke Mall CGV Blitar untuk memberikan layanan pemeriksaan kesehatan gratis atau “Mall Sehat”. Masyarakat bisa memeriksa tekanan darah dan tes metabolik meliputi pemeriksaan kadar gula darah, kolesterol, dan asam urat. Tes metabolik dilakukan karena saat ini penyakit tidak menular seperti hipertensi, diabetes, jatung, stroke serta lainnya, banyak mengancam masyarakat yang tidak menerapkan pola hidup sehat.

“Kita sudah sering membuka pemeriksaan kesehatan gratis, kemarin di Car Free Day, lalu di Sasana Praja. Pokoknya di tempat yang melibatkan banyak masyarakat, ” kata Muchlis.

Muchlis menyebut, penyakit diabetes, hipertensi dan stroke saat ini banyak dikeluhkan masyarakat Kota Blitar. Bahkan untuk diabetes tipe dua atau diabetes melitus penderitanya sudah mencapai angka 3000 an. Pihaknya berharap melalui pemeriksaan kesehatan gratis ini, bisa meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menerapkan pola hidup sehat, sehingga potensi penyakit tidak menular di Kota Blitar pun bisa dicegah.

“Ini juga sebagai upaya kita untuk mencegah penyakit tidak menular dikalangan masyarakat, diabetes salah satunya. Alhamdulillah antusias masyarakat juga tinggi, semoga diikuti dengan kesadaran menjaga kesehatannya juga, ” jelas Muchlis.

Rencananya, pemeriksaan kesehatan gratis melalui Mall Sehat diselenggarakan setiap awal bulan. Pemeriksaan dibatasi selama 3 jam untuk menjaga kualitas pelayanan. (Kir)

Share icon
Dibaca : 41 kali