x

Dinas Pendidikan, Pembelajaran Tatap Muka Dilakukan Saat Sudah Zona Hijau

Blitar Kota -  Kamis, (06/08/2020) Proses belajar dari rumah atau School From Home masih berlaku bagi pelajar Kota Blitar. Tidak lain karena pandemic Covid-19 belum berakhir, apalagi status Covid-19 di Kota Blitar masih berada di zona orange. Sehingga belum memungkinkan untuk dilaksanakan belajar tatap muka di sekolah.

Priyo Suhartono, Kepala Dinas Pendidikan Kota Blitar mengatakan, sampai saat ini dinas setempat belum mendapat petunjuk untuk melakukan pembelajaran tatap muka, bagi daerah dengan status zona orange dan kuning. Pihaknya tidak ingin mengambil resiko, karena kesehatan anak didik menjadi yang utama. Selain itu, menurut Surat Keputusan Bersama (SKB) empat meteri yaitu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri menyebut pembelajaran tatap muka ditengah pandemic Covid-19 baru bisa dilakukan daerah yang berstatus zona hijau. Itu pun harus dengan protocol kesehatan pencegahan Covid-19 yang ketat.

“Saya kalau belum ada petunjuk yang jelas ya tidak berani mengambil keputusan. Karena kesehatan dan keselamatan jiwa anak-anak ini yang lebih penting” jelas Priyo.

Namun demikian, Priyo sempat menyusun beberapa aturan protokol kesehatan Covid-19 jika belajar tatap muka di sekolah kembali dibuka. Diantaranya sarana prasarana pencegahan Covid-19 mulai dari wastafel, handsanitizer dan termogun harus disediakan masing-masing sekolah. Jam belajar hanya 4 jam, begitu juga dengan jumlah siswa harus dibatasi, untuk menghindari kerumunan.

“Jadi nanti sekolah itu kita shift, supaya kelas juga tidak penuh” kata Priyo.

Priyo menambahkan, hingga saat ini tidak ada lembaga pendidikan di Kota Blitar yang melakukan belajar tatap muka di sekolah. Jika ada aktivitas siswa di sekolah sifatnya hanya untuk konfirmasi data atau informasi, bukan untuk belajar. (Kir)

 

Share icon
Dibaca : 53 kali