x

Demi Putus Rantai Persebaran Covid-19, Istana Gebang Masih Ditutup

Blitar Kota - Dalam rangka memutus rantai persebaran Covid-19, Istana Gebang menjadi satu-satunya tempat wisata di Kota Blitar yang hingga kini masih ditutup. Meski penutupan destinasi wisata Kota Blitar pada peringatan tahun baru 2021 sudah berakhir sejak 04 Januari lalu.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar, Tri Iman Prasetyono mengatakan, penutupan Istana Gebang memang masih diberlakukan hingga sekarang. Terdapat beberapa pertimbangan yang mendasari kebijakan tersebut. Selain karena tingginya perkembangan Covid-19, kondisi Istana Gebang yang cenderung tertutup dinilai menambah resiko penyebaran Covid-19. Apalagi ketika kunjungan ramai membuat pengaturan physical distancing di Istana Gebang susah dikendalilan. Meskipun selama ini, pihaknya sudah menetapkan skenario untuk mengurangi keremunan. Misalnya melarang pengunjung masuk jika tidak memakai masker, tidak mencuci tangan, dan suhu badan diatas 37 C.

Sebelumnya, rumah masa kecil Bung Karno tidak menerapkan jumlah batas pengunjung, namun saat ini petugas hanya menyediakan 50-an kantong sepatu untuk membatasi pengunjung yang masuk ke rumah masa kecil Bung Karno. Yang artinya, tidak semua pengunjung dapat memasuki rumah masa kecil Bung Karno.  Pengunjung yang tidak mendapat kantong sepatu harus menunggu diluar, sampai mendapatkan giliran selanjutnya.

“Kita tidak menerima kunjungan tapi tour guaide-nya tetap stand by disana, untuk berjaga-jaga dan membersihkan tempat wisata,” kata Tri Iman, dikonfirmasi Senin (11/01/2021)

Disinggung mengenai batas penutupan Istana Gebang, Tri Iman mengaku belum tahu pasti, yang jelas menunggu perkembangan kasus Covid-19 stabil. Wisata sejarah yang kini bisa dikunjungi masyarakat umum yaitu Makam Bung Karno (MBK) dengan protocol kesehatan yang ketat.

Tri Iman berharap masyarakat bisa mendukung kebijakan yang ada, sehingga perkembangan kasus Covid-19 di Kota Blitar segera turun. Pihaknya juga menghimbau agar saat berkunjung ke tempat wisata, masyarakat tetap mengedepankan penerapan protokol kesehatan Covid-19. (Kir)

Share icon
Dibaca : 11 kali