x

Dampak Virus Corona, Jumlah Wisatawan Makam Bung Karno (MBK) Kota Blitar Turun Drastis

Blitar Kota - Merebaknya virus Corona di beberapa negara termasuk Indonesia, berdampak pada menurunnya jumlah wisatawan dibeberapa daerah, satu diantaranya Kota Blitar. Makam Bung Karno-MBK, yang selama ini menjadi primadona Kota Blitar mengalami penurunan jumlah wisatawan tiga hari terakhir. Demikian disampaikan Heru Santoso-Kepala Bidang Pengelola Kawasan Wisata, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar saat dikonfirmasi Senin (16/03/2020)

Heru mengatakan, MKB yang biasanya padat saat akhir pekan, saat ini cenderung sepi karena adanya pembatasan kegiatan pariwisata dari beberapa daerah. Kalaupun ada, hanya pengunjung lokal dari Kabupaten Blitar, Tulungagung dan Trenggalek. Menurut Heru, penurunan yang terjadi sekitar 75%, dari hari biasa mencapai 2000-an pengunjung, kini hanya sekitar 500-an orang saja. Hal ini pun berdampak pada menurunya jumlah pendapatan becak wisata, penjual bunga tabur, dan beberapa kios oleh-oleh MBK. Heru mengaku tidak bisa berbuat banyak, selain mengantisipasi penyeberan virus Corona itu sendiri.

“Yang jelas pengunjung sekarang itu turun drastis, jauh kalau dibandingkan hari biasa. Kalau pun ada itu paling local saja,” kata Heru.

Heru belum melakukan pembatasan kunjungan wisatawan seperti daerah lain. Namun pihaknya memprediksi jumlah pengunjung akan terus menurun sampai dengan bulan puasa.  Namun demikian, pihaknya tetap minta staff di MBK tetap waspada, menghidari kontak fisik atau jabat tangan secara langsung, menggunakan masker jika sakit flue dan batuk, serta melakukan cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir.

“Pembatasan kunjungan kita masih menunggu arahan dari pimpinan ya, tapi tanpa dibatasi pun jumlah pengunjung pasti terus turun, apalagi seperti Jawa Tengah itu kan sudah ada larangan untuk ke luar kota,” jelas Heru.

Senada dengan Heru, dalam rapat koordinasi Antisipasi Perkembangan Situasi Terkait Virus Corona, Santoso-Plt. Walikota Blitar mengatakan tidak melakukan pembatasan kunjungan wisatawan ke Kota Blitar. Namun demikian, pihaknya tetap meminta dinas terkait tetap mamantau jika sewaktu-waktu ada WNA yang datang melakukan perjalanan wisata. (Kir)

 

Share icon
Dibaca : 38 kali