x

BPS Kota Blitar Targetkan Sensus Penduduk Online Bisa Capai Target Nasional Sebesar 23 %

Blitar Kota - Sensus Penduduk 2020 berlangsung dengan metode kombinasi, yaitu berbasis online dan door to door atau wawancara. Sesuai jadwal sensus penduduk online telah dimulai 15 Februari 2020 dan akan berakhir 31 Maret 2020. Selanjutnya sensus penduduk door to door akan dilaksanakan Juli mendatang.

Erny Fatma Setyoharini, Kepala Bada Pusat Statisitik (BPS) Kota Blitar mengatakan, sensus penduduk kali ini akan memudahkan masyarakat karena dilaksanakan dengan system online. Masyarakat tinggal mengunjungi halaman sensus.bpd.go.id dan memasukan data kependudukan terbaru. Untuk mensukseskan sensus penduduk online, Erny gencar melakukan sosialisasi. Pihaknya juga menggandeng Kepala OPD, Camat, Lurah, dan RT / RW untuk menggerakan staff dan masyarakat melakukan pengisian data di sensus penduduk online.

Secara khusus Erny tidak menentukan target, namun pihaknya berharap pelaksanaan sensus penduduk online, biasa mencapai target nasional sebesar 23%. Erny optimis target itu bisa tercapai karena Kepala Daerah mendukung penuh dengan menggerakan seluruh ASN Kota Blitar melakukan sensus penduduk online.

“Jumlah ASN di Kota Blitar kan juga besar, makanya kami minta dukungan dari Kepala OPD untuk menggerakkan stafnya melakukan pengisian data sensus penduduk online. Begitu juga dengan masyarakat, sangat mudah kok, lebih cepat lebih baik, ” jelas Erny.

Sementara itu, Selasa, (18/02/2020), BPS Kota Blitar menyelenggarakan “Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Sensus Penduduk” 2020 di salah satu Hotel Jl. Anjasmoro, Selasa, (18/02/2020). Dihadiri Sekretaris Daerah dan Kepala OPD, termasuk Camat di Kota Blitar. (Kir)

Share icon
Dibaca : 71 kali