x
Dikirim oleh Anonim (Belum diperiksa) pada 23 March 2020

Turi - Blitar Kota Jumat Malam (20/3) Ketua RT, RW, LPMK, PSM dan PJP di wilayah Kelurahan Turi mendatangi kantor kelurahan dengan membawa berkas adminduk untuk mengikuti sensus penduduk daring.

Lurah Turi, Bambang Irawan, SE. pencetus ide fasilitasi sensus penduduk daring di pelayanan umum kantor kelurahan yang dipimpinnya mengungkapkan bahwa ide tersebut muncul setelah melakukan komunikasi langsung dengan beberapa Ketua RT dan RW yang menjadi panitia penyaluran bantuan program sembako oleh Plt. Walikota (19/03) di wilayahnya.

"Saya bertanya kepada para Ketua RT dan RW yang menjadi panitia penyaluran bantuan program sembako perihal partisipasinya mengikuti sensus penduduk online dan untuk mengingatkan batas waktu Tahap I sensus penduduk melalui online akan segera berakhir, hasilnya mayoritas menjawab belum. Berawal dari tingkat partisipasi yang sangat rendah ini lahir ide untuk memfasilitasi sensus penduduk online tersebut di kantor kelurahan" jelasnya.

Lurah Turi dalam rangka fasilitasi dan mendukung suksesnya program sensus penduduk online melakukan koordinasi internal serta mempersiapkan perlengkapan yang dibutuhkan untuk mendukung suksesnya sensus penduduk online dimaksud dan waktu pelaksanaan disepakati bersama pada Jumat malam (20/3) mulai jam 19.30WIB.

"Hasil kesepakatan bersama waktu pelaksanaannya pada Jumat (20/3) mulai jam 19.30WIB, diikuti oleh Ketua RT, RW, LPMK, PSM dan PJP di Kelurahan Turi, kurang lebih 22 orang. Saya yakin dengan motto pelayanan 5S (Senyum, salam, sapa, sopan dan santun) dan budaya kerja 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin) yang sudah di implimentasikan jajarannya selama ini serta keterampilan operator yang kami miliki akan memberikan service yang baik pada pelaksanaan sensus daring yang kami berikan" imbuhnya.

Bagus Hermansyah (54) salah satu Ketua RW yang mengikuti sensus penduduk online menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Lurah Turi dan jajarannya, menurutnya inisiatif dari kelurahan adalah inovasi yang luar biasa, pelayanan yang diberikan sangat memuaskan dan dirinya merasa sangat terbantu untuk berperan aktif mensukseskan program pemerintah ini. Ketua RW ini pun berharap fasilitasi yang diberikan kelurahan tidak berhenti hanya kepada tokoh saja, namun dapat diberikan kepada warga Kelurahan Turi karena banyak warga yang belum ikut berpartisipasi program pemerintah ini sesuai kendala masing - masing.

"Kelurahan Turi menjadi kelurahan pertama di Kota Blitar yang mengadakan kegiatan ini, inovasi yang sangat luar biasa, petugasnya pun sangat ramah sehingga informasi yang diberikan mudah dipahami dan saya berharap fasilitasi serupa dapat diberikan untuk warga".

Parianto (52) Ketua LPMK Turi menyatakan inovasi yang dilakukan oleh Kelurahan Turi ini membutuhkan kekompakan, komitmen dan keterampilan yang baik di internal jajaran kelurahan. Dan suksesnya kegiatan ini adalah refleksi solidnya koordinasi dan wujud kepemimpinan yang baik.

"Inovasinya membutuhkan kekompakan, komitmen, keterampilan yang baik dan suksesnya kegiatan malam ini adalah refleksinya" paparnya.

Disisi lain, Yudha Anshori Amd. selaku koordinator kegiatan menyampaikan kendala yang dihadapi pada pelaksanaan fasilitasi sensus penduduk online ini adalah perangkat komputasi yang digunakan, kestabilan jaringan internet dan server yang dimiliki BPS serta kooperatifnya warga dalam memberikan informasi sehingga dapat memberikan respond time yang tidak terlalu lama pada proses pengisian sensus penduduk online ini. Walaupun sempat terjadi trouble (melambatnya respond server BPS) namun itu tidak menjadi halangan yang berarti.

"Kami memiliki perangkat komputasi yang up to date, jaringan internet yang stabil sehingga kegiatan ini bisa kami laksanakan dengan baik, walaupun sempat terjadi down di server BPS" jelasnya.

Sebelum mengakhiri kegiatan malam itu, Bambang Irawan, SE menyatakan bahwa pihaknya akan merealisasikan usulan tokoh masyarakat di wilayahnya ini untuk memberikan fasilitas yang sama bagi warganya, dengan memperhatikan hasil evaluasi pelaksanaan kegiatan dan kendala yang dihadapi serta himbauan terkait penyebaran virus Covid-19, akan di selenggarakan fasilitasi Sensus Penduduk Online Tahap II bagi warga Kelurahan Turi, fasilitasi ini untuk meningkatkan jumlah partisipasi warga sesuai target tahap I yang ditetapkan pemerintah dan sebagai bentuk komitmen Pemkot Blitar untuk mensukseskan program pemerintah serta sebagai bentuk perhatian dan kepedulian kelurahan kepada warganya.

"Sesuai usulan dan masukan dari para tokoh masyarakat, memperhatikan kendala teknis dan respond time pengisian sensus maka akan kami agendakan Tahap II (sensus penduduk daring bagi warga), untuk pelaksanaannya akan kami rekayasa sesuai dengan protokol kegiatan pencegahan penyebaran virus covid-19 yang telah ditetapkan pemerintah". 

Post format
standard