x

Tingkatkan Agrowisata dan UMKM Kota Blitar, Dinas Kominfo Jatim Adakan Talkshow “Ajang Wadul” di Agrowisata Blimbing Karangsari

Blitar Kota - Menjelang akhir tahun 2020, Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur mengadakan Talkshow "Ajang Wadul" di Agro Wisata Belimbing Karangsari Kecamatan Sukorejo Kota Blitar. Selasa, (01/12/2020). Acara ini dihadiri oleh Kepala Diskominfo Provinsi Jawa Timur, Badan Koordinator Wilayah 3 Malang, Diskominfotik dan Pemerintah Kota Blitar, serta masyarakat dan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Acara ini bertujuan untuk mengetahui aspirasi masyarakat mengenai perekonomian ditengah pandemi Covid-19 khususnya sektor wisata dan pelaku UMKM untuk membangun ketahanan perekonomian di masa mendatang.

Penjabat sementara (Pjs) Wali Kota Blitar, Dr. Ir. Jumadi., MMT. Dalam acara tersebut, Jumadi menyampaikan saat ini keberlangsungan ekonomi oleh pelaku UMKM sudah cukup bagus, karena mayoritas sudah melek IT dan tetap inovatif ditengah pandemi Covid-19. Pihaknya menambahkan Agro Wisata Blimbing Karangsari menjadi salah satu potensi besar di Kota Blitar untuk memberikan peluang ekonomi bagi masyarakat. Jumadi juga menjelaskan pelaku UMKM sudah mulai bangkit, seiring dengan dukungan Pemerintah Kota melalui bantuan modal dan lain sebagainya.

"Ekonomi tidak boleh berhenti, oleh karena itu digital ekonomi lebih dipercepat. Sehingga kemarin ada hybird expo, UMKM yang di Blitar Square. Kita mencoba untuk menggabungkan offline terbatas dengan virtual yang unlimited." Ujar Jumadi

Pada sesi tanya jawab, pelaku usaha menanyakan bagaimana trobosan meningkatkan UMKM dimasa pandemic covid-19. Kepala Bakorwil Malang, Drs. Sjaichul Ghulam, MM., menjelaskan berbagai terobosan yang harus dilakukan yaitu dengan Mindset untuk Go Online, Wawasan pemasaran Online, dan membangun jaringan bisnis yang solid.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur, Benny Sampirwanto mengatakan teknologi IT dianggap penting sebagai salah satu faktor pendukung untuk membantu pemasaran serta meningkatkan produksi. Pihaknya mengaku, pelaku usaha telah merealisasikan penggunaan komputer dan akses internet dengan baik, namun dalam manajemen usaha masih perlu ditingkatkan lagi agar para pelaku usaha dapat memaksimalkan teknologi IT dengan baik. 

"Mengingatkan kembali kepada para pelaku usaha bagaimana teknologi IT tidak menjadi kendala didalam pemasaran, dalam peningkatan produksi, peningkatan omset dan sebagainya." jelas Benny

Benny berharap para pengusaha tetap produktif meskipun di era pandemi Covid-19  dan mengikuti perkembangan teknologi era digital agar usaha maupun trade perdagangan dapat berjalan dengan baik.(dhir)

Share icon
Dibaca : 45 kali