28 Oktober 2010

Eksekutif Sepakati Usulan Tambahan Asisten

Usulan tambahan Asisten dari dua menjadi 3, serta bagian dari 8 menjadi 9 bagian termasuk keberadaan staf ahli maksimal 5 orang, mendapat lampu hijau dari eksekutif.




Drs. Yudha Budiono, Kabag Organisasi dan Tata Laksana (Ortala) Pemerintah Kota Blitar saat dikonfirmasi mengatakan, dari pembahasan revisi perda Sistem Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) sekretariat daerah Kota Blitar bersama badan legislasi DPRD Kota Blitar, eksekutif sependapat jika akan ada penambahan jumlah asisten dari 2 Asisten masing–masing Asisten pemerintahan serta Asisten ekonomi pembangunan, menjadi 3 Asisten, berupa Asisten pemerintahan, asisten pembangunan dan kesejahteraan masyarakat serta Asisten administrasi umum, yang masing–masing Asisten membawahi 3 bagian.


Sementara berkaitan dengan keberadaan staf ahli yang maksimal diisi 5 orang, Yudha mengaku secara teknis pengisian personil staf ahli itu diserahkan sepenuhnya pada keputusan Walikota Blitar, yang disesuaikan dengan kondisi Kota Blitar, potensi SDM pejabat, analisa kebutuhan termasuk kekuatan anggaran yang ada.


Hal senada juga disampaikan oleh Mustafid, anggota badan legislasi (banleg) DPRD Kota Blitar. Hasil final pembahasan 5 raperda yang diantaranya berkaitan dengan revisi perda SOTK sekretariat daerah Kota Blitar, yang didalamnya mengatur tentang keberadaan staf ahli, penambahan jumlah Asisten dan bagian, sudah mendapat persetujuan antara badan legislasi dan eksekutif. Secara teknis pengisian jabatan tersebut akan diserahkan sepenuhnya kepada eksekutif, sementara dewan hanya melakukan pengawasan. Khusus untuk pengisian jabatan staf ahli, para pejabat yang akan mengisinya harus lolos dalam fit and proper test.(yuk)