16 Juli 2009

Terindikasi 66 Koperasi Tidak Sehat

Tahun 2009, genap usia koperasi ke- 62 tahun, namun dalam evaluasinya masih ada koperasi yang tidak sehat, meski sudah mempunyai badan hukum dan anggota, namun tidak punya kegiatan. Menurut data dari Dinas Koperasi dan UKM Kota Blitar, dari sekitar 275 koperasi, 66 koperasi diantaranya tidak aktif.

Imam Sodiki, anggota DPRD Kota Blitar dari Komisi II Bidang Perekonomian dan Keuangan DPRD Kota Blitar saat dikonfirmasi mengatakan, Dinas Koperasi perlu berusaha mengaktifkan kembali koperasi itu, dan jika tidak bisa perlu dicabut badan hukumnya.

Sementara itu Pemerintah Kota Blitar mengaku masih mengedepankan pendekatan persuasif, melalui pembinaan agar 66 koperasi itu aktif kembali. Seperti diungkapkan Priyo Istanto, Kabag Humas dan Protokol pemerintah Kota Blitar saat dikonfirmasi diruang kerjanya mengatakan, bahwa tidak mudah mencabut badan hukum suatu koperasi. Sesuai UU No 25 tahun 1992 tentang perkoperasian, pasal 47 ayat 1 menyebutkan, jika pembubaran koperasi dilakukan pemerintah ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, diantaranya koperasi bersangkutan tidak memenuhi ketentuan UU perkoperasian, kegiatan bertentangan dengan ketertiban umum dan kelangsungan hidup koperasi tidak bisa diharapkan.

Melihat masih pentingnya peran koperasi dalam mendukung perekonomian di Blitar, pemerintah Kota Blitar masih memilih mempertahankan keberadaan koperasi yang tidak sehat ini.(yuk/nw)



Dibaca : 59