12 Februari 2019

Disparbud Bersama Seniman Sepakat Fokus Realisasikan 3 Poin Memajukan Seni Budaya

Tri Iman Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar

3 poin memajukan seni budaya itu merupakan hasil dari rapat koordinasi antara Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Blitar, bersama seluruh seniman dan budayawan yang sudah digelar akhir Januari 2019.

Drs. Tri Iman Prasetyono M.Si, Kepala Disparbud Kota Blitar mengatakan, pihaknya sepakat membentuk kerjasama semua sanggar dan kelompok kesenian di Kota Blitar, baik yang sudah eksis maupun yang masih berkembang dan menghidupkan kembali seni dan budaya di Kota Blitar . Tujuannya agar semua seniman dan budayawan mendapat perlakuan sama. Termasuk saat tampil ke luar, baik ditingkat Provinsi, Nasional maupun Internasioanal, Dinas mau melibatkan semua pihak. 

Saat Rakor, juga muncul masukan agar Pemkot mulai menghidupkan dan mengembangkan seni yang tidak tradisional. Seperti Seni modern dan kreatif, karena konten tradisional dinilai sudah cukup, dan seni modern terbukti eksis dan menjadi penyeimbang peningkatan perekonomian di Kota Blitar. Selain dua poin itu, pihaknya juga meningkatkan kerjasama dengan Dinas lain, seperti Dinas Pendidikan, karena banyak siswa yang berprestasi dibidang Seni dan Budaya dan menjadi aset daerah yang berharga.

“Kita sudah sepakat dengan semua seniman dan budayawan untuk membangun dan melaksanakan tiga poin kesepakatan yang sudah kami tentukan, agar bisa maju dan eksis, termasuk semua sama rata dan mendapat porsi masing-masing”, ujar Iman.

Selain membuat komitmen bersama seniman dan budayawan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan juga merubah konsep dan muatan beberapa agenda budaya di Kota Blitar, agar penonton tidak bosan dan menarik penonton baru, seperti agenda Blitar Creative Festival. (yud)




Dibaca : 20