12 Februari 2019

Ratusan Guru Setingkat TK Ikuti Sosialisasi Kesiapsiagaan Peningkatan DBD

dr Dissie L Arini dari Dinkes sebagai salah narasumber pada Sosialisasi Kesiapsiagaan Peningkatan DBG bagi lembaga PAUD sekota Blitar.

Sosialisasi digelar untuk meluruskan cara penanggulangan Demam Dengue dan Demam Berdarah Dengue, yang selama ini penanganannya berbeda setiap pribadi.

Dindin Alinurdin, Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Blitar mengatakan, selama ini setiap guru TK, Satuan PAUD Sejenis (SPS), Taman Pendidikan Al Qur'an (TPA) dan Kelompok Bermain (KB) Negeri dan Swasta mempunyai pengalaman sendiri terkait upaya penanggulangan DBD. Selain itu anak usia TK sistem kekebalan tubuhnya masih lemah dan mereka rentan terkena gigitan nyamuk, karena aktif bermain di pagi dan sore hari sesuai siklus nyamuk Aedes Aegypti. 

Dindin Alinurdin menambahkan, jika semua guru dan pengurus TK, SPS, TPA dan KB sigap dan melakukan penanganan dengan baik dan benar sesuai tuntunan dari petugas Dinas Kesehatan, bisa dipastikan upaya mengurangi kasus DB dan DBD akan membuahkan hasil maksimal. Jika ini terus dilaksanakan, dipastikan angka kesakitan DBD di Kota Blitar akan turun, dan anak-anak bebas dari ancaman gigitan nyamuk DBD. 

“Kita ingin menyamakan persepsi penanganan DBD, sehingga kedepan, tidak terjadi salah kaprah, tetapi yang ada para guru semakin paham bagaimana cara menanggulangi DBD dengan baik dan benar”, jelas Dindin.

Selasa (12/02) pagi, bertempat di Aula Dinas Pendidikan menggelar Sosialisasi Kesiapsiagaan Peningkatan DBD bagi 180 guru TK, SPS, TPA dan KB Negeri dan Swasta. Hadir sebagai pembicara Dr. Dissie L Arlini, Kasi Pencegahan Pengamatan dan Pemberantasan Penyakit, Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Blitar. Sosialisasi membahas 3M Plus, Fogging Fokus dan gejala DBD. ( yud )



Dibaca : 17