12 Februari 2019

Kemenag Dan Dikda Apresiasi Simulasi Manasik Haji SMP sekota Blitar

Plh Asisten pemerintahan dan Kesra Wikandrio saat memberangkatkan peserta simulasi manasik haji SMP sekota Blitar.

Dinas Pendidikan Kota Blitar mengapresiasi positif Simulasi Manasik Haji yang melibatkan peserta pelajar SMP, di halaman kantor walikota dan aloon-aloon Kota Blitar, Selasa, (12/02). 

Dindin Alinurdin, Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Blitar mengatakan, kegiatan yang diinisiasi Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Islam (PAI) SMP Kota Blitar ini perlu didorong sebagai penguatan pendidikan karakter. 

“Dari nilai-nilai keagamaan melalui Simulasi Manasik Haji ini dapat menanamkan sikap positif terhadap anak-anak di Kota Blitar”, kata Dindin. 

Hal senada juga disampaikan Muhtar Hazawawi, Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Blitar. Selaku Kepala Kemenag juga memberikan tanggapan yang positif. Karena kegiatan keagamaan semacam ini tidak hanya dilakukan pelajar dari lembaga dibawah Kemenag saja, namun juga dibawah Dinas Pendidikan juga sangat perlu. 

“Karena semua anak didik juga berhak mendapatkan pendidikan agama, seperti praktik manasik haji semacam ini. Bahkan kalau bisa sampai ke pelajar tingkat SMA sederajat. Tidak hanya yang dibawah Kemenag saja, namun juga dibawah Dikda’’, kata Muhtar.  

Muhtar menyebutkan, Manasik Haji perlu dilakukan setiap tahun. Sehingga anak didik bisa lebih memahami pembelajaran haji dengan praktik. (der)




Dibaca : 18