12 Februari 2019

Berpakaian Serba Putih Pelajar SMP Ikuti Simulasi Manasik Haji

Para pelajar SMP sekota Blitar berpakain serba putih ikuti simulasi manasik haji.

Melibatkan peserta pelajar SMP, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Islam (PAI) SMP kota Blitar menggelar Simulasi Manasik Haji. Memakai pakaian serba putih, peserta mengikuti serangkaian kegiatan yang berlangsung Selasa, (12/02). Dengan pembukaan di halaman Kantor Walikota yang sekaligus sebagai lokasi Miqat dan Ihram serta rangkaian kegiatan manasik hingga selesai di aloon-aloon Kota Blitar. 

Simulasi Manasik Haji bagi siswa-siswi SMP kelas IX se-Kota Blitar ini dibuka dan diberangkatkan Wikandrio, Plt. Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Kota Blitar. Menurutnya, Manasik Haji yang melibatkan pelajar SMP masih jarang dilakukan karena paling banyak biasanya untuk anak-anak setingkat TK dan SD. Sehingga kegiatan ini sangat bagus. 

“Selain mengenalkan ibadah haji dengan praktek sehingga berpengalaman, juga menciptakan anak yang patuh terhadap agama, yang berdampak pada perubahan tingkah laku yang positif”, kata Wikandrio.  

Sementara itu Sobiri, Guru PAI SMP Negeri 3 Kota Blitar sekaligus ketua panitia Simulasi Manasik Haji menyebutkan, kegiatan ini menjadi agenda rutin MGMP PAI SMP. Sebagai tindak lanjut dari pengetahuan dikelas untuk dipraktekkan. Sekaligus sebagai wujud syiar Islam dan yang terpenting, penanaman karakter religious. 

“Yang paling penting adanya penanaman karakter anak. Dengan latihan ini pula, diharapkan ada daya tarik dan niatan haji”, harap Sobiri. 

Simulasi manasik Haji diikuti sekitar 2.400 anak. Baik pelajar SMP dari lembaga sekolah negeri maupun swasta dari 13 lembaga sekolah yang terbagi 13 kloter. Ditambah puluhan guru pendamping. (der)



Dibaca : 20