11 Februari 2019

BKD Gelar Fit and Proper Test Bagi Pejabat Struktural Eselon 4

Pejabat Struktural Eselon IV saat ikuti Fit & Proper Test di Balaikota.

Fit and Proper Test yang digelar Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Blitar ini, diikuti sekitar 296 peserta. Merupakan Pejabat Struktural Eselon Empat dilingkup Pemerintah Kota Blitar. Dalam pelaksanaannya, Fit and Proper Test terbagi dalam 2 gelombang. Gelombang pertama dilaksanakan tanggal 11 Februari 2019, diikuti 196 peserta. Gelombang kedua, dilaksanakan 12 Februari 2019, dengan 100 orang peserta. Kegiatan dilangsungkan di Balaikota Kusumo Wicitro.

Mohammad Semedi, Kepala Bidang Mutasi, Promosi Dan Pengembangan Kompetensi-BKD Kota Blitar mengatakan, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk mendapatkan gambaran (peta) kompetensi setiap pemegang jabatan mengetahui aspek kompetensi yang dibutuhkan sebagai acuan Pemerintah dalam menilai kinerja peserta dan untuk memperoleh rekomendasi posisi dan pengembangan diri peserta. Semedi menegaskan, Fit and Proper Test memang bersifat wajib bagi Pejabat Struktural Eselon Empat. 

Semedi menjelaskan, selain test tulis peserta juga akan mengikuti test interview. Untuk gelombang pertama akan dilaksanakan 13 Februari 2019 dan gelombang kedua pada 14 Februari 2019.

“Fit and Proper Test memang bersifat wajib, sesui dengan kentuan Undang-Undang No. 05 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Peraturan Pemerintah No. 11 tahun 2017  tentang manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang mana setiap Pejabat Struktural maupun Fungsional wajib mengukiti Fit and Proper Test”, jelas Semedi.

Semedi berharap, peserta dapat mengikuti Fit and Proper Test dengan baik, sehingga hasil yang diperoleh sesuai dengan kompetensi yang dimiliki masing-masing pejabat. (kir)



Dibaca : 26