09 Februari 2019

Pemkot Blitar Juga Penuhi Iuran BPJS Bagi Warga Mitra Pemerintah

Muchlis, Kadis Kesehatan kota Blitar

Seperti yang diinformasikan sebelumnya, mulai tahun 2019 Pemerintah Kota Blitar akan penuhi iuran BPJS warga Kota Blitar. Warga yang masuk dalam kategori miskin, akan menjadi prioritas. Namun demikian, warga yang bekerjasama dengan Pemerintah pun juga berhak menerima bantuan ini.

Muchlis, Kepala Dinas Kesehatan Kota Blitar menjelaskan, warga miskin yang iuran BPJSnya dibayarkan Pemerintah sudah terdata semua. Pemerintah Kota Blitar juga akan memenuhi iuran BPJS bagi mitra Pemerintah, atau warga yang bekerjasama dengan Pemerintah. Menurut Muchlis, untuk kelompok ini masih dalam proses pendataan. Mulai dari RT-RW, kader posyandu, penjaga makam, guru mengaji, dan warga yang mendadak sakit. Sementara bagi warga yang sudah mampu, diharapkan dapat memenuhi iuran BPJSnya secara mandiri. 

“Untuk warga miskin insyaallah sudah semua. Warga kurang mampu masih sebagian. Untuk warga yang bekerja sama dengan Pemerintah seperti RT-RW, guru mengaji, kader posyandu, dan lainnya sekarang masih dalam tahap pendataan”, jelas Muchlis.

Sebagai tambahan informasi, program ini sesuai dengan instruksi Presiden Nomor 8 tahun 2017, Pemerintah Daerah harus bisa memenuhi kebutuhan BPJS untuk semua warganya. Untuk itu, Pemerintah Kota Blitar telah mengalokasikan anggaran sekitar 19,8 miliar rupiah, untuk memenuhi iruan BPJS sekitar 72.000 warga. (kir)



Dibaca : 32