09 Februari 2019

ODGJ se Kecamatan Sukorejo Dapat Layanan Kesehatan

Camat Sukorejo Juyanto saat berinteraksi dengan penderita ODGJ di Posyandu Sehat Jiwa.

Melalui Posyandu Sehat Jiwa, Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) se-Kecamatan Sukorejo Kota Blitar selalu mendapat pelayanan kesehatan secara gratis. Seperti dalam Posyandu yang dilaksanakan di Balai Kecamatan Sukorejo, Kamis (07/2), sekitar 60 orang yang menderita gangguan jiwa mendapat pelayanan kesehatan, seperti pemeriksaan kesehatan dan pemberian obat. 

Juyanto, Camat Sukorejo Kota Blitar mengatakan, dalam penanganan ODGJ ini bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan Poltekes Malang Prodi Keperawatan Blitar yang menangani gangguan jiwa, serta Paguyuban Sehat Jiwa dan para kader posyandu. Kegiatan Posyandu dilakukan secara berpindah pindah, tidak hanya di Posko ODGJ di Kelurahan Pakunden saja, namun juga luar Posko, seperti di Balai Kecamatan dan tempat-tempat lain, agar tidak membosankan. 

"Dengan pelayanan kesehatan yang dilakukan secara rutin, diharapkan para ODGJ di Kecamatan Sukorejo bisa sehat kembali’’,harap Juyanto. 

Meski di tahun 2019 Posyandu ODGJ di Kecamatan Sukorejo baru pertama kali dilaksanakan, namun langkah untuk memaksimalkan penanganan ODGJ telah dilakukan di Kecamatan Sukorejo. Sebelumnya, telah dilaksanakan Pelatihan Penanganan ODGJ bagi kader Jiwa. Bahkan keluarga pasien juga mengikuti pelatihan. (der)



Dibaca : 23