08 Februari 2019

Bakesbangpol dan PBD Kota Blitar Gelar Rakor Tim Kewaspadaan Dini

Bakesbangpol dan PBD saat menggelar Rakor Tim Kewaspadaan Dini.

Pembentukan Tim Kewaspadaan Dini sesuai dengan Permendagri No. 2 tahun 2018 tentang Kewaspadaan Dini di Daerah bertujuan untuk Pendeteksian, Pengidentifikasian, Menilai, Menganalisa, Menafsirkan dan Menyajikan Informasi.  Hal ini dalam rangka memberikan peringatan dini untuk mengantisipasi berbagai potensi bentuk ATHG (Ancaman Tantangan Hambatan Gangguan) di Daerah, yang dalam hal ini dilaksanakan oleh pemerintah daerah dan masyarakat. 

Tim kewaspadaan dini Kota Blitar terbentuk 2018 lalu, dan siap menjalankan tugasnya ditahun 2019. Untuk itu, Pemerintah Kota Blitar melalui Bakesbangpol dan PBD, menggelar rapat koordinasi bersama seluruh anggota.

Warnoto, Kepala Bidang Peningkatan Ketahanan Daerah-Bakesbangpol dan PBD Kota Blitar mengatakan, rapat koordinasi dilakukan sebagai langkah awal tim kewaspadaan dini, sebelum menjalankan tugasnya tahun ini. Untuk struktur keanggotaannya, melibatkan dari berbagai unsur. Mulai dari TNI-Polri, OPD, dan instansi terkait, yang berada dilingkup Pemerintah Kota Blitar.

Menurut Warnoto, rapat koordinasi juga sebagai sarana menyamakan presepsi anggota, sehingga nantinya terjalin koordinasi yang baik dari tingkat terbawah. Pihaknya juga menegaskan, saat ini tim kewaspadaan dini fokus dengan beberapa hal yang akan dijalankan Pemerintah dalam waktu dekat, misalnya Pemilu 2019. 

“Pastinya setiap daerah memiliki prediksi-prediksi untuk kewaspadaan. Dan memang karena kita akan menghadapi pemilu 2019, sehingga menjadi salah satu fokus tim kewaspadaan dini”, jelas Warnoto. 

Warnoto berharap, setelah tim ini terbentuk, kondusifitas Kota Blitar semakin terjaga. (kir)



Dibaca : 23