08 Februari 2019

DPR RI Inginkan LPPL Eksis Sesuai Fungsinya

Tujuannya jelas, agar sebagai media lokal daerah, Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) bisa menyebarkan informasi positif dan membangun, termasuk sebagai media penyaring dan melawan informasi tidak benar atau HOAX, yang saat ini ramai.

Satya Wira Yudha, Wakil Ketua Komisi I DPR RI, saat menjadi Narasumber di acara Konferensi Nasional LPPL Indonesia, Kamis 07 Februari 2019 siang di salah satu Hotel di Gubeng Surabaya mengatakan, fungsi utama LPPL sebagai corong pemberitaan yang baik dan berimbang, harus diterapkan di kegiatan On Air maupun Off Air. LPPL juga harus mendukung pemerintah daerah dan pemerintah pusat, dalam menyebarkan informasi pembangunan, termasuk capaian dan gagasan cerdas, sehingga produk program pemerintah bisa diketahui warga.

Saat ini Badan Legislasi DPR sedang menggodok Rancangan Undang-Undang (RUU) Penyiaran, dari sini LPPL harus bisa membuktikan eksistensinya sebagai media public milik pemerintah, termasuk harus ada dan diakui kebenarannya. Jika fungsi LPPL berjalan sebagaimana mestinya, bisa dipastikan, usaha penyebaran informasi dan proses interaktif warga dengan pemerintah bisa berjalan, dan dinamika pembangunan bisa bejalan dinamis.

“LPPL harus hadir dan eksis sesuai fungsinya. Karena kita tahu, LPPL ini media penyambung aspirasi rakyat ke pemerintah”, jelas Wira.

Selain menghadirkan Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Asosiasi Lembaga Penyiaran Publik Lokal (A-LPPL) Jawa Timur sebagai penggagas acara Konferensi Nasional LPPL Indonesia juga menghadirkan Narasumber Ketua KPI Pusat, Dewan LPP RRI dan Wakil Gubernur Jawa Timur terpilih Emil Elistianto Dardak. (yud).



Dibaca : 24