07 Februari 2019

Pemkot Blitar Beri Keleluasaan Masyarakat Dirikan Koperasi Baru

Teteng Rukmo C, Kadis Koperasi dan UKM

Keberadaan badan usaha berbentuk koperasi memiliki manfaat yang cukup banyak. memberikan kesejahteraan bagi masyarakat, khususnya anggota koperasi. Terkait dengan hal itu, Pemkot Blitar melalui Dinas Koperasi dan UKM memberikan keleluasaan bagi masyarakat yang ingin mendirikan koperasi baru.
Teteng Rukmo Condrono, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Blitar mengatakan,  untuk proses pendirian koperasi saat ini langsung ke Kementrian Koperasi dan Usaha kecil Menengah RI. Dipermudah melalui system online. Diberlakukan sejak bulan April tahun 2016. 
“Namun demikian, tetap harus memperhatikan persyaratan yang ditetapkan”, kata Teteng.
Mengacu pada Keputusan Menteri Negara Koperasi Dan Usaha Kecil Dan Menengah Republik Indonesia Nomor: 104.1,Kep,M.Kukm,X,2002 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pembentukan, Pengesahan Akta Pendirian Dan Perubahan Anggaran Dasar Koperasi. Diantaranya jumlah anggota sekurang-kurangnya sebanyak 20 orang. Modal sendiri harus cukup tersedia untuk mendukung kegiatan usaha yang akan dilaksanakan oleh koperasi, dll.
“Dinas koperasi dan UKM hanya melayani izin untuk simpan pinjamnya saja”, tambah Teteng.
Namun demikian, saat ini Teteng mengaku fokus untuk peningkatan kualitas perkembangan koperasi, daripada kuantitas. Mengingat dari tahun ke tahun jumlah koperasi di Kota Blitar menyusut. Saat ini yang terdaftar sebanyak 340. Aktif 257, tidak aktif 79 dan koperasi baru sebanyak 4. (ram) 



Dibaca : 26