05 Desember 2018

Wakil Walikota Blitar Apresiasi Kenaikan UMK 2019

H Santoso Wakil Walikota Blitar

Kenaikan UMK Kota Blitar 2019, secara tidak langsung bisa menambah penghasilan pekerja di Kota Blitar, termasuk memperbaiki keuangan masing-masing rumah tangga warga.

Drs H Santoso Mpd, Wakil Walikota Blitar mengatakan, Besaran Upah Minimum Kota (UMK) Kota Blitar tahun 2019 sudah ditetapkan Gubernur Jawa Timur sebesar  Rp 1.801.406. Angka itu lebih tinggi dibandingkan besaran UMK yang diusulkan Pemkot Blitar, Rp 1.772.166. Nilai UMK yang diusulkan itu sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan.

Dengan kenaikan Rp 160.000,- setidaknya bisa untuk memenuhi kebutuhan dapur atau kebetuhan lain yang mendesak, sehingga warga tidak perlu berhutang, untuk mendapatkan barang yang diinginkan. Peningkatan UMK Kota Blitar setiap tahun, diharapkan juga bisa meningkatkan kesejahteraan warga, bahkan mengangkat status ekonomi rumah tangga.
“Kita mengapresiasi besaran UMK 2019, semoga bisa mensejahterakan warga Kota Blitar, termasuk membangun perekonomian agar jadi lebih baik lagi,” jelas Santoso.

Dinas Penanaman Modal Tenaga Kerja dan PTSP Kota Blitar saat ini sudah menerima salinan penetapan UMK dari Gubernur Jawa Timur.(Yud)



Dibaca : 33