04 Desember 2018

Disperdagin Kota Blitar Gelar Evaluasi dan Pembinaan Bagi Pelaku IKM

Wawali Kota H Santoso di dampingi kepala Disperdagin foto bersama dengan pemenang lomba desain batik khas kota Blitar tahun 2018.

Kegiatan berlangsung di Aula Kecamatan Kepanjenkidul, 04 Desember 2018. Dihadiri Wakil Walikota Blitar, Camat dan Lurah, serta pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Kota Blitar. Tujuan diselenggarakan kegiatan ini, agar pelaku industri kecil dan menegah di Kota Blitar semakin berkembang, utamanya dalam hal pemasaran. 

Arianto, Kepala Dinas Perdagangan Dan Perindustrian Kota Blitar mengatakan, dari hasil evaluasi selama ini, gaya pemasaran pelaku IKM di Kota masih cenderung konvensional. Sehingga dalam kegiatan kal ini, mereka dibina bagaimana cara meningkatkan penjualan dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Tentu hal ini juga akan mendorong kreatifitas pelaku IKM. Lebih memperhatikan packaging, dan memunculkan inovasi baru, sehingga produknya diminati ketika dijual melalui on line.
“Karena selama ini mereka masih cara pemasarannya masih tradisional, makanya terus kita dorong untuk bisa berjualan on-line,” kata Arianto.

Hal yang sama juga disampaikan Santoso, Wakil Walikota Blitar. Santoso menegaskan pelaku IKM harus melek teknologi, sehingga tahu bagaimana trend di pasaran. Bukan hanya itu saja, penjualan menggunakan sistem on-line juga dinilai sangat tepat. Karena kesempatan berkembang bagi IKM akan semakin tinggi.
“Justru on-line itu memudahkan, pelaku IKM tinggal pasang gambar, masyarakat tertarik tinggal antar dan kirim,” jelas Santoso.

Dalam kegiatan ini juga dirangkai dengan penyerahan hadiah untuk pemenang Lomba Desain Batik Khas Kota Blitar tahun 2018. (Kir)



Dibaca : 25