07 November 2018

KPU Kota Blitar Gelar Kursus Pemilu Angkatan 1

Rita Triana dari Diskominfotik sebagai narasumber pada Kursus Pemilu angkatan 1 yang digelar KPU kota Blitar.

Agenda ini diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Blitar, untuk mensosialisasikan tahapan pemilu dan pendidikan politik pada peserta. Ada sekitar 30 peserta yang hadir dalam Kursus Pemilu Angkatan 1, berasal dari kalangan mahasiswa, aktivis, dan masyarakat umum. Kegiatan ini berlangsung mulai jam 8 pagi sampai 3 sore di ruang A, Gedung Kampus STIE Kusuma Negara Blitar, Rabu (7/11).

Mashudi, Komisioner Divisi Teknis KPU Kota Blitar mengatakan, dalam kursus pemilu ini juga disampaikan materi yang berkaitan dengan mekanisme pemilu. Meskipun tidak terlibat langsung dalam penyelenggaraan, paling tidak seluruh peserta dapat mengetahui proses pelaksanaan pemilu, mulai dari pemungutan suara di TPS, penghitungan, penetapan dan pemungutan hasil pemilu. 
“Harapannya nanti seluruh peserta dapat meneruskan hasil kursus ini kepada masyarakat dilingkungannya,” kata Mashudi.

Sementara Dwi Hesti, peserta Kursus Pemilu dari Unisba Kota Blitar mengaku, terpacu mengikuti kursus ini karena sebelumnya telah bergabung dengan organisasi kampus terkait dengan pemilu. Sehingga melalui kursus ini, ia ingin memperluas wawasan terkait dengan pemilu. Mulai dari siapa penyelenggaranya, dan bagaimana aturan-aturan yang mengatur Pemilu itu sendiri.
“Hasil sosialisasi ini Insyaallah akan saya terapkan, semoga bisa turut andil dalam suksesnya Pemilu 2019 nanti,” jelas Hesti.

Dalam kursus pemilu ini, berlaku sebagai narasumber Mashudi- Komisioner Divisi Teknis KPU Kota Blitar , menyampaikan tentang Demokrasi dan Pemilu dalam Ketatanegaraan Indonesia. Serta Rita Triana, Kabid Informasi dan Komunikasi Publik-Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Blitar, yang memaparkan materi terkait Pengembangan Kepribadian Menuju Partisipasi Masyarakat Public Speaking dan Writing.(Kir)



Dibaca : 19