11 Oktober 2018

Pemkot Blitar Buka 4 Posko Penggalangan Bantuan Kemanusiaan

Priyo Istanto,Kepala Dinas Sosial Kota Blitar

Hal ini berdasarkan rekomendasi Tim Kaji Cepat Posko BNPB Kota Palu-Sulawesi Tengah. Hingga saat ini, masih diperlukan bantuan logistik untuk korban gempa dan tsunami di Kota Palu, Sigi, Donggala dan sekitarnya. Bantuan yang dibutuhkan berupa pakaian, selimut, sarung, alat bantu jalan, obat-obatan, susu bayi dan perlengkapan mandi. Untuk itu Pemerintah Kota Blitar membuka 4 posko penggalangan bantuan kemanusiaan, di 4 lokasi. Diantaranya di Kantor Bangkesbangpol dan PBD, Dinas Sosial Daerah, UPT Pemadam Kebakaran, dan Kantor Palang Merah Indonesia Kota Blitar. Terhitung sejak tanggal 08 sampai 12 Oktober 2018.

Priyo Istanto, Kepala Dinas Sosial Kota Blitar mengatakan, dengan adanya posko ini, mempermudah masyarakat yang ingin mengirim bantuan ke Palu. Mengingat lokasinya yang jauh dan proses pengiriman yang panjang, maka akan lebih mudah jika masyarakat memanfaatkan 4 posko yang dibuka Pemerintah Kota. Salah satunya di Kantor Dinas Sosial Kota Blitar. Siap melayani masyarakat dari jam 7 hingga jam 3 sore. Nantinya seluruh bantuan akan dikirim ke BPBD Jawa Timur, dan dilanjutkan ke daerah terdampak bencana. Menurut Priyo, pihaknya juga telah mengirim surat ke perbankan, BUMN, dan BUMD di Kota Blitar. 
“Semua staff Dinas Sosial Daerah Kota Blitar juga sudah melakukan penggalangan dana. Kita serahkan ke KORPRI Kota Blitar, untuk dikirim ke Palu” kata Priyo.

Selain dalam bentuk barang, bantuan juga dapat berupa dana. Masyarakat dapat mengirim bantuan, ke nomor rekening atas nama Bakesbangpol dan PBD Kota Blitar. Melalui Bank BRI. Dengan nomor 00000 10029 12302. Bukti transfer dapat disampaikan ke Dinas Sosial Daerah Kota Blitar sebagai bahan audit BPK-RI. (Kir)



Dibaca : 28