11 Oktober 2018

Satpol PP Berikan Sosialisasi dan Pembinaan Kepada Ratusan PKL

Ratusan PKL saat menerima sosialisasi dan pembinaan di kantor Satpol PP.

Agenda ini berlangsung di gedung pertemuan Mako Pol PP Kota Blitar, Rabu (10/10). Diikuti sekitar 100 Pedagang Kaki Lima (PKL) Kota Blitar. Selain dari Satpol PP, pembinaan juga dilakukan Dinas Penanaman Modal, Tenaga Kerja dan PTSP, Dinas Perhubungan, serta Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Blitar. Sosialisasi ini diagendakan untuk memberikan pemahaman PKL terkait ketentuan izin dagang. Mengingat ada beberapa ketentuan yang telah diatur dalam Perwali No. 47 Tahun 2016, tentang zona yang dapat dimanfaatkan PKL.

Juari, Plt. Kepala Satpol PP Kota Blitar mengatakan, pada dasarnya disebut PKL karena mereka berdagang dengan memanfaatkan fasilitas umum. Namun harus tetap mematuhi peraturan yang ditetapkan, salah satunya tidak mengganggu fungsi dari fasilitas umum itu sendiri. Mengacu hal itu, Pemerintah Kota Blitar telah menyediakan zonasi yang dapat dimanfaatkan PKL. Selain itu, perihal izin juga memegang peran penting. Berjualan di atas aset daerah, PKL wajib mengurus izin sebelum berjualan. 

Juari menegaskan, selama ini masih ditemukan beberapa PKL yang berjualan di luar zonasi, atau tidak memiliki izin. Sehingga melalui sosialisasi ini, pihaknya berharap agar seluruh PKL di Kota Blitar dapat mematuhi aturan yang ada, sehingga terwujud apa yang diinginkan Pemerintah Daerah.
“Jadi sama-sama enak kalau ini sudah berjalan. Kita sediakan tempat, teman-teman PKL mematuhi. Maka akan terwujud semua yang diinginkan Pemerintah Daerah” kata Juari.

Sementara Anton Hariyadi, salah seorang PKL di Jl. Melati mengaku senang mendapat sosialisasi pembinaan ini, meski pihaknya sudah memiliki izin berjualan. Ia mengaku pengurusan izin selama ini sangat mudah, dan tidak dipungut biaya. Sehingga ia berharap PKL yang belum memiliki izin, segera mengurus karena sangat mudah dan bermanfaat.
“Semua perizinan mudah. Kebetulan saya sudah punya izin, tahun ini tinggal memperbaharui” jelas Anton.

Perhatian kepada PKL tidak hanya ditunjukkan Satpol PP Kota Blitar. Sebelumnya Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Blitar, juga menggelar Diseminasi Penguatan Kelembagaan Pedagang Kaki Lima dan Asongan, pada 04 Oktober 2018 lalu. (Kir)



Dibaca : 16