11 Oktober 2018

Pemkot Blitar Selenggarakan Semiloka Inkubasi Bisnis Teknologi

Sekda Kota Blitar Buka Semiloka Inkubasi Bisnis Tehnologi di Sasana Praja

Untuk menumbuhkan inovasi-inovasi teknologi baru dan perkembangan inovator yang sudah ada, Pemerintah Kota Blitar menyelenggarakan Semiloka Inkubasi Bisnis Teknologi. Seminar dan Lokakarya berlangsung di Ruang Sasana Praja Pemerintah Kota Blitar, 10-11 Oktober 2018. 

Semiloka dibuka Rudi Wijonarko, Sekretaris Daerah Kota Blitar. Menurutnya, kegiatan ini dapat mengembangkan inovasi teknologi di Kota Blitar. Dengan berbagai inovasi produk, seperti inovasi teknologi pariwisata dan jasa, pendidikan serta industri yang lain.  
“ Terkait dengan Semiloka ini merupakan proses menumbuhkan inovasi baru dan perkembangan inovasi. Inovasi teknologi berbagai produk. Seperti bidang Pariwisata / Jasa / Pendidikan dan Industri yang lain. Semiloka ini merupakan seminar dan lokakarya. Sehingga bukan hanya pengarahan saja, namun juga membahas bagaimana karya-karya ini inovasi teknologi bisa berkembang,” kata Rudi.

Sementara itu Jatmiko, kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Blitar mengatakan, selama ini pemerintah Kota Blitar melalui Bappeda setiap tahun menyelenggarakan lomba Inovasi Teknologi (Inotek), dengan kategori Agribis, Energi dan Informasi Teknologi (IT). Mengevaluasi lomba yang dilakukan, belum ada tindak lanjut hasil dari pemenang. Untuk itu bekerjasama dengan Badan Pengkajian Dan Penerapan Teknologi (BPPT) memberikan pemahaman untuk perkembangan hingga realisasi dari inovasi teknologi bisa dirasakan masyarakat. Sehingga dalam kegiatan itu tidak hanya memberikan pemaparan saja, namun juga memecahkan masalah, apa dan bagaimana tindak lanjut dari karya inovator.    
“Selama beberapa tahun terakhir, telah diadakan lomba inotek dengan  kategori Agribis, Energi dan IT. Mengevaluasi lomba-lomba inotek menyimpulkan, dari lomba belum ada tindak lanjut bagaimana hasil dari pemenang lomba inotek atau inovator. Untuk itu koordinasi dengan BPPT,  terkait mengimplementasikan produk inovator melakukan langkah-langkah pembahasan sampai menjadi inotek berorientasi bisnis dan juga manfaat dari produk-produk inovasi di masyarakat,” kata Jatmiko. 

Semiloka Inkubasi Bisnis Teknologi, diikuti sebanyak 75 orang dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), unsur akademisi, inovator dan masyarakat umum yang tergabung dalam kelompok Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) serta Kelompok Wanita Tani yang memerlukan teknologi bisnis. Sedangkan di antara narasumber, Anugerah Widiyanto, dari Balai Inkubator Teknologi BPPT.(Der)



Dibaca : 49