10 Oktober 2018

Pemkot Blitar Agendakan Rakor “Gerakan Nasional Revolusi Mental”

Sekretaris Daerah Kota Blitar Rudi Wijonarko memimpin Rakor ''Gerakan Nasional Revolusi Mental'' di Sasana Praja.

Gerakan Nasional Revolusi Mental mengacu pada Instruksi Presiden No. 12 Tahun 2016. Bertujuan mewujudkan perubahan sistematik, mulai dari cara pandang, pola pikir, sikap nilai dan perilaku masyarakat Indonesia yang mandiri dan berdaulat berdasar Pancasila. Memasuki Bulan Pemantapan Gerakan Nasional Revolusi Mental (BP-GNRM), Pemerintah Kota Blitar mulai melakukan berbagai persiapan. Diawali dengan rapat koordinasi “Gerakan Nasional Revolusi Mental”  di Ruang Sasana Praja, Selasa (09/10). Rapat koordinasi ini dihadiri Kepala OPD dan instansi terkait, untuk memantapkan persepsi seluruh gugus tugas.

Suskandiati, Kepala Bidang Kesatuan Bangsa Bakesbangpol dan PBD Kota Blitar mengatakan, terdapat 5 gerakan yang harus diwujudkan dalam Gerakan Nasional Revolusi Mental. Meliputi gerakan Indonesia melayani, bersih, tertib, mandiri, dan bersatu. Untuk mewujudkannya, tidak hanya melibatkan Aparat Negeri Sipil (ASN) lingkup Pemerintah Kota, namun juga masyarakat umumnya. Mulai dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), tokoh agama, mahasiswa dan lainnya. Tergabung dalam gugus tugas, yang telah dirancang, tinggal menunggu SK Walikota.
“Kita sudah ada rancangan gugus tugas, tinggal menunggu tanda tangan SK Walikota saja. Nanti akan berlaku untuk 2 tahun ke depan” kata Suskandiati

Sementara Rudy Wijonarko, Sekretaris Daerah Kota Blitar mengatakan, bulan ini seluruh gugus tugas melakukan pemantapan untuk mewujudkan 5 gerakan nasional. Dalam rapat kali ini, pihaknya juga mengapresiasi  anggota gugus tugas yang sudah memiliki beberapa rencana sesuai bidangnya. Rudy berharap, seluruh anggota gugus tugas dapat menjadi satu kesatuan untuk mewujudkan Kota Blitar lebih baik, sesuai Gerakan Nasional Revolusi Mental yang diinstruksikan Presiden.
“Sebenarnya kita sudah laksanakan dari tahun 2016, tapi masih bersifat parsial, sendiri-sendiri. Makanya ini kita satukan” jelas Rudy.

Gerakan Nasional Revolusi Mental akan dicanangkan Presiden Jokowi dalam puncak BP-GNRM. Berlangsung di Manado Sulawesi Utara, 26 Oktober 2018. (Kir)



Dibaca : 48