09 Juli 2018

Pemkot Blitar Apresiasi Positif Raperda Usaha Tempat Kos

Sebagai tindak lanjut dari Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD kota Blitar yang telah menyampaikan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) inisiatif DPRD tentang Usaha Tempat Kos, dalam rapat Paripurna DPRD kota Blitar, Senin 09 (07/18) juga diisi dengan pendapat walikota Blitar tentang Raperda ini. 

Totok Sugiarto, wakil ketua DPRD kota Blitar mengatakan, dalam rapat paripurna itu telah mendengarkan pendapat walikota Blitar atas Raperda Penyelenggaraan Usaha Kos yang disampaikan wakil walikota Blitar. Perda ini nantinya akan diwujudkan untuk memberi peran pembinaan usaha tempat kos seperti terkait perijinan.

“ Kedepan usaha kos yang terdaftar akan bisa terpantau oleh pemerintah daerah. Sehingga kejadian kejadian, seperti adanya tamu yang tidak jelas dapat diminimalisir,” kata Totok.

Drs. H. Santoso, M. Pd, wakil walikota Blitar mengatakan, seperti yang telah disampaikan dalam rapat paripurna, pemerintah kota Blitar mengapresiasi positif inisiatif dewan adanya Raperda usaha tempat kos di kota Blitar. Karena saat ini di kota Blitar semakin marak usaha tempat kos. Kalau tidak ditertibkan, dikhawatirkan  nanti tempat usaha kos ini bisa disalah gunakan.

Dengan Perda yang saat ini masih dalam tahap pembahasan ini akan memberikan kenyamanan masyarakat dalam pengembangan busnes. Dengan memperhatikan norma, etika, lingkungan, agama dan budaya,”kata Santoso.

Santoso menambahkan, dengan Perda ini akan bagus untuk kota Blitar. Semakin banyak investor membuka usaha di kota Blitar karena sudah ada Perda yang mengatur usaha kos. Perda ini perlu disusun secara jeli dengan ketentuan pasal yang mengatur termasuk batasan sanksi dan pelanggaran.(der)



Dibaca : 42