05 Juni 2018

Tingkatkan Kesadaran Orang Tua Agar Menjaga Anak Remaja Dinas P3AP2KB Gencar Sosialisasi ke 21 Kelurahan di Kota Blitar

Sosialisasi dilakukan untuk meningkatkan pola pikir dan pola asuh yang benar ke anak usia remaja, terutama dari pengaruh negatif pergaulan. Selain itu juga untuk mempererat hubungan orang tua dan anak yang saat ini dinilai renggang, akibat pengaruh teknologi.

Didik Hartoyo S.Sos, Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak, Dinas Pemberdayaan Perempuan, PA, PP dan KB Kota Blitar mengatakan, fokus sosialisasi tahun ini diantaranya fungsi keluarga dalam membentuk perilaku remaja, termasuk membentuk bagaimana keluarga mengasuh anak yang masuk usia remaja. Sosialisasi juga mengarah ke pembinaan keluarga seutuhnya, sehingga kewajiban orang tua dan kewajiban anak remaja di keluarga, dilaksanakan sebagaimana mestinya.

“Kita ingin melalui pemantapan keluarga remaja, hubungan orang tua dan anak bisa rekat kembali, sehingga komunikasi bisa bagus, akhirnya pengaruh negatif yang diterima anak remaja bisa diminimalisir” Ujar Didik.

Sosialisasi seperti ini rutin dilakukan, untuk membentengi orang tua dan anak dari pengaruh buruk IT, terutama dari konten dewasa, yang berpotensi menggiring anak remaja melakukan perilaku negatif, yang akhirnya menambah angka kasus pernikahan dini. Diharapkan, sosialisasi fokus seperti ini, bisa menekan angka penerbitan dispensasi nikah di Pengadilan Agama Blitar, dan tercipta hubungan harmonis antara orang tua dan anak usia remaja.

Tahun 2018, Kecamatan Sananwetan menjadi pilot project sosialisasi fokus Keluarga Remaja. Jika dinilai berhasil, program serupa juga langsung dijalankan di Kecamatan Kepanjenkidul dan Kecamatan Sukorejo. ( Yud )



Dibaca : 107